google.com, pub-4169750801100201, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari

Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mudah dalam belajar bahasa jawa baik itu bahasa jawa ngoko, bahasa jawa madya, bahasa jawa kromo, ataupun bahasa kromo inggil dalam percakapan yang digunakan dalam sehari hari. Mungkin bagi orang jawa sendiri dengan bahasa jawa jawa ini tidak lah sulit untuk di pahaminya, karena setiap harinya sudah terbasa dalam penggunaan bahasa jawa yang baik dan benar.

Akan tetapi bagi orang luar jawa yang sedang berada di jawa, baik itu sedang bersekolah, kuliah ataupun sedang bekerja di pulau jawa ini pastinya harus wajib untuk bisa memahami ataupun berbicara dalam bahasa jawa dalam sehari hari. Tentunya untuk orang luar jawa akan agak kesulitan dalam pemahaman dalam percakapan bahasa jawa ini, dan kita harus wajib untuk belajar bahasa jawa dengan baik dan benar.

Baca Juga: Contoh Makna Peribahasa Jawa (Paribasan) - Belajar Bahasa Jawa


Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari


Baca Juga : Kumpulan Percakapan Bahasa Jawa Yang Sering Dipakai Setiap Hari 

Bahasa Jawa dituturkan oleh lebih dari 60 juta orang di Indonesia (termasuk Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, Singapura, dll). Dibagi menjadi berbagai dialog dan aksen tergantung pada daerah. (Bagi mereka yang mendominasi di Jawa harus dibaca tidak) Selain dialek regional, juga dikenal sebagai nama dialek sosial digambarkan sebagai berikut: 


  1. Ngoko (kasar) berbicara dengan rekan-rekan (gerakan) pada usia yang sama, yang tertua dari yang lebih muda, orang yang statusnya lebih tinggi untuk bawahannya.
  2. Madyo (menengah): transisi antara Ngoko dan Kromo.
  3. Kromo (halus): Digunakan untuk orang-orang yang lebih tua atau yang lebih dihormati. Varian unggul Kromo Inggil, Bagongan dan Kedaton Bahasa (Kraton) .
Nah, kita hanya memiliki sistem pengucapan. Bahasa Jawa memiliki sistem suara sebagai berikut:

Huruf Hidup (Vocal) "a" dibaca seperti biasa di Indonesia / Malaysia "a" atau "O" dibaca seperti mengeja "atau" kata "bola" misalnya Joko, membawa (membawa) "i "membaca seperti biasa di Indonesia, tetapi jika ada dua" i "sebagai pithik (ayam), surat bahasa Jawa standar" i "berarti sebagai kedua" e "di becak kata (pi: the '). Tapi Banyumasan dan Jawa Timur semua membaca seperti "e" (misalnya: ")" u "dibaca seperti biasa, tetapi dalam bahasa Jawa Baku, jika ada dua" U ", atau bawah (bawah) akan dibaca (mu: berdasarkan spekulasi) dengan "atau" sangat lelah, tapi di Timur dan Banyumas dibaca sebagai "O" sama sekali membosankan (MO:. berdasarkan spekulasi) "e" dibagi menjadi tiga kelas, APBN . itu dibaca seperti pin, contoh tenang, Meri (bebek) b. Bunyinya seperti ekonomi, misalnya Adhan (gila), gaji, tempec. itu dibaca seperti merah, misalnya balsa (bambu rakit) "atau" dibaca seperti hijau.

Huruf mati (konsonan) huruf tertentu, seperti b, d, g, j telah ditekan sehingga terdengar seperti bh, dh, gh, JH dan awal kata terdengar seperti mb, nd, NGG, nj seperti: Bogor diucapkan diucapkan mbogor Ganyang ngganyang Demak baca ndema'Jawa kadang-kadang membaca njowo Kemudian huruf k di akhir kalimat berbunyi seperti apostrof atau koma 'ain ... sepertiMasak baca masa'Bebek baca bebe'Nyemak (mendengarkan) baca nyema'Nyamuk baca Nyamu-

Koneksi sebelumnya, saya mulai memahami kursus bahasa Jawa bagi mereka yang tertarik secara mendalam ... Aku memberikan frase dasar berikut berdasarkan tiga dialek, yaitu dua dialek sosial (Ngoko dan kromo) dan dialek Jawa Timur . Code (N) adalah Ngoko, (K) adalah Kromo dan (JT) Berikut ini adalah cara Java membaca ini 


Belajar Pengucapan Salam Dalam Bahasa Jawa

Sugeng Enjang (su:gh?? enjhA:?) = selamat pagi
Sugeng siang (su:gh?? si:yA?) = selamat siang
Sugeng sonten (su:gh?? sont?n) = selamat sore
Sugeng Ndalu (su:gh?? ndhA:lu: ) = selamat malam
Sugeng tindhak (su:gh?? ti:ndhA:?) = selamat jalan
Sugeng Makaryo (su:gh?? ma:karyò) = selamat bekerja
Sugeng Rawuh (su:gh?? ra:woh) = selamat datang

Ungkapan Dasariyo (N & JT),
Inggih(K) (i: ?g?h) = ya
Ora (N), Gak (JT), Mboten (K) = tidak
Dhurung(N) (dhu:ro?); Gurung(JT) (gho:ro?), dhereng(K) = belum
Wis (N & JT) ; Sampun (K) = sudah
Piye kabare? (N); Yok opo kabare? (JT); Dhos pundhi kabaripun? (K) = apa kabar?
Apik (N & JT), sae kemawon (K) = baik-baik sajaAmit (N & JT),
nuwun sewu (K) = permisi (melewati seseorang)Kulo nuwun = permisi (ketika bertamu ke rumah seseorang)
Jenengku…..(N); Aranku…(JT); nami kulo….(K) = nama saya…….
Aku seko….(N); Aku teko’….(JT); kulo saking…. (k) = saya dari……
Monggo = silahkan
Piro? (N & JT); pinten? (K) = berapa?
Sopo? (N & JT); sinten? (K) = siapa?
Opo? (N & JT); menopo? (K) = apa?
Kepriye? (N); Yok opo? (JT); Dhos pundhi?/Pripun? (K) = bagaimana?
Endhi? (N & JT); Pundhi? (K) = mana?
Kapan? = kapan?/bila?
Aku tresno marang sliramu = aku mencintaimu…

Perhitungan Angka Dalam Bahasa Jawa 

dalam bentuk Ngoko (N) dan Kromo (K)


1 = siji (N); setunggal (K)
2 = loro (N); kalih (K)
3 = telu (N); tigo (K)
4 = papat (N); sekawan (K)
5 = limo (N); gangsal (K)
6 = nem (N & K)
7 = pitu (N & K)
8 = wolu (N & K)
9 = songo (N & K)
10 = sepuluh (N); sedhoso (K)
11 = sewelas (N); setunggal welas (K)
12 = rolas (N); kalih welas (K)
13 = telulas (N); tigo welas (K)
14 = patwelas (N); sekawan welas (K)
15 = limolas (N); gangsal welas (K)
20 = rong puluh (N); kalih dhoso (K)
21 = selikur (N & K)
22 = rolikur (N); kalih likur (K)
25 = selawe (N); selangkung (K)
30 = telung puluh (N); tigang dhoso (K)
50 = seket (N & K)100 = satus (N & K)
1000 = sewu (N); setunggal ewu (K)
10000 = sepuluh ewu (N); sedhoso ewu (K)
1000000 = sayuto (N & K )




Kumpulan Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Jawa


Pepak Belajar Basa Jawa



pepak basa jawa
bahasa Jawa dikenal karena tingkat konsisten Ngoko, Krama, dan krama inggil. Setiap tingkat memiliki berbagai tingkat kehalusan bahasa, seperti Ngoko yang hanya digunakan ketika berbicara dengan rekan atau Krama Inggil digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua.
Bagi mereka yang akrab dengan tingkat suara Java, Indonesia sulit. Anda perlu tahu tiga buah kata yang berbeda artinya sama tetapi, misalnya dalam pakaian mengatakan Ngoko disebut kelambi, sementara di Krama krama inggil disebutrasukan dan disebut ageman tersebut.
Pengguna dapat menemukan berbagai kosakata dalam berbagai derajat dalam belajar lengkap Basa Jawa. Fitur ini menyerupai berguna kamus untuk mencari kosakata di Jawa atau Indonesia. Bedanya, di bagian bawah disediakan daftar kosakata yang diurutkan dalam urutan abjad memungkinkan pengguna untuk mempelajari bahasa Jawa.
Tidak hanya itu, penerapan pembelajaran pembelajaran bahasa Jawa juga menyediakan fitur dukungan seperti nama hewan, nama tanaman, peribahasa, sajak untuk java script. Belajar untuk melihat aplikasi lengkap minimalis Basa Jawa sedap dipandang, sayangnya, aplikasi kurang interaktif karena konsep yang sangat erat dengan kamus cetak.
App Info
Pepak Belajar Basa Jawa
MoccaLabs Creative -  Jan 08, 2015
Genre:  Education
Size:   5.0M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis



Hanacaraka

hanacara
Sesuai namanya, aplikasi ini adalah alat penting untuk mempelajari fungsi Java. java script yang juga dikenal sebagai hanacaraka mudah terletak di kota Yogyakarta dan Bali. Aplikasi hanacaraka menawarkan proses belajar yang dikemas dengan berbagai permainan yang menyenangkan.
Setelah aplikasi terbuka, pengguna dapat memilih 2 menu utama adalah belajar dan bermain. menu Java Learning terdiri dari berbagai karakter pendukung. Tapjenis karakter yang ingin belajar dan pengguna akan dibawa ke halaman khusus di mana Anda dapat mencoba untuk menulis naskah Java menggunakan jari-jari Anda.
menu bermain terdiri dari empat jenis game yang Juragan Bumbon, rajahan Wong, Milang-i, dan Krapyakan. Untuk melihat permainan dalam aplikasi ini sederhana, namun menghibur. Misalnya permaianan Squire Bumbon mana pemain dipaksa untuk membeli rempah-rempah yang ditulis dalam bahasa Indonesia ke beberapa toko yang namanya tertulis dalam naskah Jawa.

Baca Juga : Aplikasi Kamus Transtlate Bahasa Jawa Lengkap Terbaik 
App Info
Hanacaraka
Balai Tekkomdik Dinas Dikpora DIY -  Feb 02, 2015
Genre:  Education
Size:   14M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis




Sinau Aksara Jawa

aksara jawa
Meskipun kedua fokus pada belajar Java Script, studi Java Script menawarkan fitur yang berbeda dengan Hancaraka. Proses aplikasi untuk memperbarui sistem pembelajaran learning by doing, yang memaksa pengguna untuk mencoba menulis praktek, dan berbagai tes di radio.
Setelah aplikasi terbuka, pengguna akan ditawarkan menu Start 2 baru dan lebih. Baru Mulai studi pertama menggunakan Java dan lebih karakter untuk menggunakan aplikasi ini ditugaskan setiap kali.
Ada 4 menu yang dapat digunakan dalam proses belajar pengenalan script radio, penulisan naskah, karakter dan Kuis konversi. Setelah karakteristik Java, pilih menu Menulis script untuk mencoba untuk menulis surat Jawa. Anda juga dapat menggunakan konversi karakter untuk mengkonversi tulisan Anda ke Jawa.
Sementara tes adalah tes untuk mengukur jumlah karakter di Jawa mereka telah mendominasi. nilai kuesioner dan jawaban yang benar akan diumumkan setelah pengguna 5 menjawab pertanyaan.
App Info
Sinau Aksara Jawa
Labs Mobile IS -  Aug 25, 2013
Genre:  Education
Size:   3.2M
Installs:   50,000 - 100,000
Gratis




Mini Pepak

mini pepak
Mini mirip dengan Java Language Learning Cari Java fungsi pencarian bahasa. Perbedaannya adalah aplikasi ini memiliki menu dengan ilustrasi kartun dan tidak ada kosakata diskon bahasa Jawa. Ya, Mini dilengkapi lebih seperti pencarian kata count kamus dengan radio tambahan, sereal (padi), mengatakan (peribahasa), nama-nama hewan dan tumbuhan dalam bahasa Jawa.
App Info
Mini Pepak
Santra Developer - SMK Telkom Sandhy Putra Malang -  Jul 22, 2013
Genre:  Education
Size:   16M
Installs:   10,000 - 50,000
Gratis








Tag : Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari,belajar bahasa jawa halus,belajar,bahasa jawa kasar,kamus bahasa jawa,mari,belajar bahasa jawa,belajar bahasa jawa kromo inggil,belajar bahasa jawa timur,belajar bahasa jawa kromo,belajar bahasa jawa sehari hari
Baca Juga : Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari beberapa refrensi dalam pembelajaran bahasa jawa yang baik dan benar. Dan apabila artikel ini sangat bermanfaat cobalah untuk share pada teman kalian yang sedang membutuhkannya, dan cobalah untuk share pada facebook ataupun media social lainnya. Sumber : http://piyekabare.blogspot.co.id/ dan id.techinasia.com

3 Responses to "Belajar Bahasa Jawa Ngoko Madya Kromo Sehari Hari"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Bisa tolong terjemahin tulisan aksara jawa ga yah?

    ReplyDelete