google.com, pub-4169750801100201, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama

Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh untuk tata cara dalam mempersilahkan makan dalam bahasa jawa krama yang baik dan benar. Biasanya mempersilahkan makan dalam bahasa jawa ini digunakan dalam sehari hari ataupun dapat juga digunakan untuk ketika acara pepanggihan.

Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama

Langsung saja simak Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Tata Cara Bahasa Jawa Krama Yang Baik Dan Benar Dibawah ini :

TATACARA MEMPERSILAHKAN MAKAN DAN MINUM
Dhumateng para rawuh, dene nyamikan saha unjukan sampon samudyo kula aturaken dipun rahabi kanthi sekecohing penggalih. 



Mempersilahkan Tamu Makan Dan Minum :
a.  Mempersilakan Makan: Sampun cekap Pak/Bu, monggo dipun Rahapi.

b. Mempersilakan Minum: Sampun cekap Pak/Bu, monggo dipun Unjuk.  


TATA CARA/KRAMA MAKAN (  bahasa jawa )

Ketemu lagi sobat,kali ini saya mamu berbagi tentang tata karma dalam keluarga orang jawa,Di dalam keluarga orang jawa setiap mau makan,sedang dan sesudah makan selalu menggunakan tata karma.dibawah ini adalah tata kramanya :
Jawa ketemu maning kanca,kesempatan siki aku arep mbagi soal tata cara makan neng keluarga wong jawa,neng keluarga wong jawa angger arep mangan,lagi karo seuwise mangan,kue seringe nganggo tata karma.neng ngisor kie tata kramane 

Tata krama sebelum makan ( tata karma seurunge mangan )
·         Tidak berebut tempat duduk dan mempersilahkan yang lebih tua atau kaum wanita mengambil tempat duduk duluan,jawane ora rebutan tempat njagong,lan monggo sing lewih tua disit utawane kaum wadon njiot tempat njagong disit.

·         Duduk dengan tenang dan sopan,jika akan menggeser kursi,dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan suara,jangan ngangkat kaki diatas meja dan kursi,jawane njagong sing tenang lan sopan,angger arep nggeser bangku,nglakokna karo ati-ati men ora nimbulna suara,aja ngangkat sikil neng nduwur meja lan bangku.

·         Berdoa bersama-sama agar makanan yang disantap membawa berkah jawane ndonga bareng-bareng men panganan sing dipangan nggawa berkah.

·         Tidak boleh saling berebut dan mendahului pada saat mengambil makanan ,yang lebih tua mengambil nasi dan lauk lebih dahulu jawane ora olih rebutan lan ndisiti pas lagi njot panganane,sing lewih tua njiot sega lan lawuh disit.

·         Mengambil nasi dan lauk secukupnya,hati-hati bila akan mengambil makanan yang letaknya agak jauh dari tempat duduk,jawane njiot nasi lanlawuh secukupe,ati-ati angger arep njiot panganan sing wadaeh adoh sekang tempat njagong.

Tata krama sedang makan ( tata karma lagi mangan )

·         Menggunakan alat makan sesuai dengan aturan,misalnya sendok digunakan untuk menyantap makanan bukan untuk dipukul-pukulkan kepiring,jawane nganggo alat mangan sing pas karo aturan,misale sendok denggo go nyantap panganan udu go detutuk-tutukna maring piring.

·         Waktu menyendok nasi tidak terlalu banyak agar mulut tidak terlihat penuh jawane wektu njiot sega aja kakehan men tutuke ora katon kebek.

·         Cara memasukan sendok ke dalam mulut adalah dari bagian ujungnya,bukan bagian kanan dan kiri sendok jawane  cara nglebokna sendok maring tutuk yoiku sekang bagian pucuke,udu sekang bagian tengen karo kewe sendok.

·         Mulut tertutup saat mengunyah makanan sehingga tidak menimbulkan suara berdecak dari mulut,jawane tutuk ketutup pas lagi ngunyah panganan dadi ora marekna suara ceplak sekang tutuk.

·         Tidak berbicara waktu mulut terisi makanan,apalagi becanda,bila akan berbicara makanan dalam mulut ditelan dulu jawane ora ngomong wektu tutuke isi panganan,apa maning becanda,angger arep ngomong panganan sing neng tutuk dileg disit.

·         Saat menambah nasi,sebaiknya nasi dalam piring masih tersisa,sendok dan garpu diletakan dahulu,baru mengambil nasi secukupnya, jawane angger arep nambah sega,apike sega sing neng piring esih ana sisa,sendok lan garpu degletakna disit tembe njiot sega secukupe.

Tata krama sesudah makan ( tata karma seuwise mangan )

·         Minum setelah makan,jangan minum saat mulut berisi makanan jawane  nginum seuwise mangan,aja nginum pas tutuke isi panganan.

·         Sendok dan garpu diletakkan tertelungkup diatas piring dan berdoa jawane sendok lan garpu di gletakna kemurep neng nduwur piring lan berdoa.

·         Alat-alat makan yang digunakan dirapikan sebelum meninggalkan tempat makan jawane alat-alat mangan sing tes dienggo derapikna seurunge ninggal wadah makan.

·         Tidak boleh mendahului sebelum yang lebih tua meninggalkan tempat makan jawane ora olih ndisiti seurunge sing lewih tua ninggal wadah mangan.


Baca Juga: Contoh Makna Peribahasa Jawa (Paribasan) - Belajar Bahasa Jawa

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari beberapa refrensi dalam pengucaran bahasa jawa krama dalam tata cara mempersilahkan makan dengan baik dan benar. Dan jangan lupa juga untuk share buat temannya yang sedang membutuhkan info ini ya sob.

Sumber : http://puteragentan2.blogspot.com/

0 Response to "Tata Cara Mempersilahkan Makan Dan Minum Dalam Bahasa Jawa Krama"

Post a Comment