Bocoran Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Dan Kunci Jawaban

Bocoran Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Dan Kunci Jawaban Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.. hehe

Bocoran Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Dan Kunci Jawaban


soal wawasan kebangsaan dan kunci jawaban pdf
materi tentang wawasan kebangsaan
contoh soal tes intelegensi umum
pertanyaan wawasan kebangsaan
contoh soal tes wawasan kebangsaan ipdn
contoh soal karakteristik pribadi
soal twk yang sering muncul
materi wawasan kebangsaan pdf

*jika ada kesalahan mohon koreksinya, saya juga sedang belajar...semoga bisa lolos, dan jadi PNS yang baik ehehehe :)

Kemampuan Verbal 
  Sinonim/Persamaan Kata
  1. Akurat : saksama
  2. Alternatif : cara lain
  3. Algoritma : prosedur pemecahan
  4. Ambiguitas : makna ganda
  5. Aporisma : maksimal
  6. Bagak : pemberani
  7. Bibliografi : daftar pustaka
  8. Boga : makanan nikmat
  9. Bonafide : dapat dipercaya
  10. Bonanza : sumber kesenangan
  11. Bonus : Hadiah
  12. Bubut : cabut
  13. Bulat : bundar
  14. Canggih : sophisticated
  15. Class : group
  16. Dedikasi : pengabdian
  17. Dehidrasi : kehilangan cairan tubuh
  18. Delik : pelanggaran hukum
  19. Distorsi : penyimpangan
  20. Donasi : Kontribusi
  21. Ekamatra : fisika
  22. Eklips : gerhana
  23. Ekskavasi : penggalian
  24. Eksodus : pengusiran
  25. Elaborasi : penjelasan terperinci
  26. Evokasi : menggugah rasa
  27. Friksi : desakan
  28. Gaji : honor
  29. Galat : Keliru
  30. Gasal : ganjil
  31. Genjah : Cepat berbuah
  32. Hayati : hidup
  33. Hibrida : bibit unggul
  34. Hukuman : denda
  35. Identitas : ciri-ciri
  36. Insinuasi : sindiran
  37. Insomnia : tak bisa tidur
  38. Interpelasi : hak bertanya
  39. Iterasi : perulangan
  40. Izin : biar
  41. Kampiun : Juara
  42. Kleptofobia : takut kecurian
  43. Kolusi : kongkalikong
  44. Kontras : perbedaan nyata
  45. Konvensi : kesepakatan
  46. Koordinator : ketua
  47. Latif : indah
  48. Liga : perserikatan
  49. Mobilitas : gerak
  50. Mukjizat : karamah
  51. Negosiasi : perundingan
  52. Nuansa : perbedaan makna
  53. Otodidak : maju dengan belajar sendiri
  54. Porto : biaya
  55. Promosi : Kenaikan pangkat
  56. Proteksi : perlindungan
  57. Promovendus : calon doktor
  58. Provokasi : pancingan
  59. Rabat : potongan
  60. Registrasi : pendaftaran
  61. Residu : sisa 
  62. Serebrum : otak besar
  63. Sine Qua Non : harus ada
  64. Tangkal : cegah
  65. Tuna Grahita : cacat mental
  66. Virtual : nyata
  67. Zenit : puncak
sebagian sinonim bisa di cek di KBBI,biasanya di arti kata ada clue clue gitu :)
ga punya KBBI??? santai aja...ada KBBI ONLINE

Antonim/lawan kata
  1. Abadi >< fana
  2. Absurd >< masuk akal
  3. Amal >< mal
  4. Amatir >< kampiun
  5. Anggara >< jinak
  6. Antipati >< simpati
  7. Apriori >< aposteriori
  8. Asli >< duplikat
  9. Bukit >< lembah
  10. Bulat >< oval
  11. Canggih >< sederhana
  12. Cucu >< kakek
  13. Curang >< sportif
  14. Deduksi >< Induksi
  15. Ekletik >< tidak pilih-pilih
  16. Ekspresi >< impresi
  17. Elastis >< kaku
  18. Fonem >< Morfem
  19. Gegai >< kuat
  20. Ibu >< anak
  21. Kebijakan >< kecerobohan
  22. Khas >< umum
  23. Konkaf/cekung >< konveks/cembung
  24. Konklusif ><proposisi
  25. Legislatif >< Eksekutif
  26. Longgar >< sempit
  27. Makar >< jujur
  28. Mandiri >< bergantung
  29. Monoton >< berubah-ubah
  30. Muskil >< mungkin
  31. Nomadik >< Menetap
  32. Pasti >< spekulasi
  33. Perintis >< pewaris
  34. Pertemuan >< perpisahan
  35. Prominen >< biasa
  36. Rawan >< aman
  37. Sekarang >< esok
  38. Sekuler >< keagamaan
  39. Sporadis >< kerap
  40. Takzim >< acuh
  41. Teks >< konteks
  42. Tetiran >< asli
  43. Tinggi >< rendah
  44. Universal >< parsial
  45. Vokal >< konsonan
antonim juga bisa di cek di  KBBI ONLINE...tinggal liat aja artinya apa..trus cari lawan kata yg cocok :)

Analogi / padanan hubungan kata
  1. adagio : allegro (antonim)
    • Lambat : Cepat
  2. Air : Es (air didinginkan jadi es)
    • Uap : Air (uap didinginkan jadi air)
  3. Air : Haus (kalo haus minum air)
    • Makanan : Lapar
  4. Air : Menguap (air dipanaskan akan menguap)
    • Es : Mencair
  5. Apoteker : Obat (apoteker meracik obat)
    • Koki : Masakan (koki meracik masakan)
  6. Bangsa : Ethnologi (ilmu yang mempelajari bangsa ethnologi)
    • Penyakit : Patologi 
    • Ramalan : astrologi
  7. Belajar : Pandai (belajar agar pandai)
    • Berpikir : arif (berpikir agar arif)
  8. Bunga : Buket (kumpulan bunga yg dirakit jadi satu namanya buket)
    • kertas : buku
  9. Bunga : taman (bunga ada di taman)
    • Dosen : universitas)
  10. Burung : terbang : udara (burung dapat terbang di udara)
    • Ikan : berenang : air
  11. Busur : Garis ( busur bengkok, garis lurus)
    • Busur : Panah
  12. Desibel : suara (satuan suara itu desibel)
    • Volt : Listrik (satuan listrik  itu volt)
  13. Gelombang : Ombak (Gelombang kalo kecil namanya ombak)
    • Gunung :Bukit (gunung kalo kecil namanya bukit)
  14. Gundul : Rambut (Gundul karena tidak punya rambut)
    • Bugil : Pakaian
  15. Janji : Bukti (janji harus disertai bukti)
    • Ucapan : Tindakan (ucapan harus disertai tindakan)
  16. Kaka Tua : Merpati (sama2 burung)
    • Gurame : kakap (sama2 ikan)
  17. Kampung : Sawah (dikampung banyak sawah)
    • kota : gedung (dikota banyak gedung)
  18. Kendaraan : Mobil (mobil adalah salah satu jenis kendaraan)
    • Orang : Pemuda
  19. Koran : Makalah : Buletin (sama2 media cetak)
    • Bus : Kereta Api : Delman
  20. Kosong : Hampa (sinonim)
    • Cair : encer
  21. Kulit : sisi
    • atap : genteng
  22. Laba : Penjualan
    • Keberanian : Kemenangan
  23. Lampu : Gelap (tidak ada lampu maka gelap)
    • makanan : lapar
  24. Macan : Belang (macan memiliki belang)
    • Gajah : Gading
  25. Marah : cemburu (marah karena terlalu cemburu)
    • Tidak toleransi : fanatik
  26. Mata : telinga
    • Lidah : Hidung
  27. Matahari : bumi (matahari dikelilingi bumi)
    • bumi : bulan
  28. Matahari : terang (ada matahari jadi terang)
    • Api : Panas (ada api jadi panas)
  29. Merah : Mawar (merah adalah warna bunga mawar)
    • Putih Melati
  30. Mulut : Monyong ( mulut monyong itu kurang indah)
    • Hidung : pesek
  31. Pedas : cabai (cabai rasanya pedas)
    • Manis : sakarin
  32. Penghormatan : jasa (berjasa akan diberi penghormatan)
    • Insentif : prestasi
  33. Pelukis : gambar (hasil karya pelukis adalah gambar)
    • komponis : lagu
  34. Petunjuk : Afirmasi (diberi petunjuk saja tidak cukup, harus di beri afirmasi)
    • Didenda : ditahan
  35. Pilot : Pesawat
    •  Supir : Mobil
  36. Presiden : negara (presiden memimpin negara)
    • ayah : keluarga
  37. Rumput : Lapangan (rumput ada di lapangan)
    • bintang : langit
  38. Sarung tangan : Petinju (Petinju menggunakan sarung tangan saat bekerja)
    • Mikroskop : Bakteriolog 
  39. Seminar : sarjana 
    • Perpustakaan : Peneliti
  40. Serut : Kayu (serut adalah alat yang digunakan untuk kayu)
    • cangkul : kebun
  41. Siswa : belajar (tugas utama siswa belajar)
    • ilmuwan : meneliti (tugas utama ilmuwan meneliti)
  42. Suap : Politik (dalam politik dilarang suap)
    • Contok : Ujian
  43. Sungai : Jembatan ( melewati sungai, cari jembatan)
    • Masalah : jalan keluar (melewati masalah, cari jalan keluar)
  44. Susu : Gelas (susu wadahnya gelas)
    • bubur : piring
  45. Tajam Tumpul (antonim)
    • Dekat : Jauh
  46. Tape : ragi
    • antiseptik : iodium
  47. Teluk : Laut
    • Semenanjung : daratan
  48. Tembakau : Rokok : Isap ( tembakau bahan baku rokok, rokok diisap)
    • Gandum : Roti : Makan
  49. Tiang : Kokoh (tiang yang bagus adalah yang kokoh)
    • Atap : terlindung
  50. Tubuh : Pakaian (tubuh dilindungi dg pakaian)
    • Buku : Sampul
  51. Tukang : gergaji : palu (tukang menggunakan gergaji dan palu saat kerja)
    • Montir : obeng : tang
  52. Tuntunan : santunan
    • Permintaan : Pemberian
  53. Uang : Pundi-pundi 
    •  air : tempayan
  54. Ulat : kepompong : kupu2 (siklus hidup kupu2)
    • bayi : kanak2 : remaja
  55. Umum : Lazim (sinonim)
    • Langsing : ramping
Tips dan Trik
  1. Tes Persamaan Kata (Sinonim)
    • jangan pilih kata yang punya bunyi mirip dengan soal...karena sebagian besar itu salah (ga semua ya, sebagian besar,hehe)
    • misal soalnya APORISMA , 
    • pilihan gandanya a. APRIORI    b. Maksimal    c. Bentuk    d. pendekatan    e. PRIMA
    • nah jawaban A dan E ini kan mirip ama soalnya, jadi mending pilih antara C,D dan E :)
  2. Tes Lawan Kata (Antonim)
    • amati pilihan jawabannya, cari jawaban yang berlawanan, jawaban sering berada pada salah satu dari dua kata yang berlawanan tersebut
      • Contoh : Khas??? a. khusus   b.wabil khusus   c.inklusif   d.ekslusif   e.umum
    • Untuk kata-kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal
      • contoh : 
      • Konkaf??? a.konveks   b.optik  c.lensa   d.cekung   d.konveksi
      • Antipati??? a.melawan   b. setuju   c.lekas mati   d.simpati   e.bertahan hidup
    • hati2...diingat2 bahwa yang kamu kerjain itu, antonim, bukan sinonim...soalnya kebanyakan peserta tergesa2 trus kan pertanyaan sinonim ama antonim deketan, jadi peserta masih mikir ngerjain soal sinonim
  3. Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)
    • temukan kata kunci / hubungan khusus dari kata yang diberikan
    • semakin khusus hubungan maka semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai
    • kalo udah nemuin hubungan tapi masih bingung, coba buat jadi kalimat
    • hubungan harus punya urutan yang searah, tidak di bolak balik
      • misal : Kaki : Sepatu --> kaki memakai sepatu kalo ada jawaban anting : telinga berarti salah, karena anting tidak memakai telinga...kalo ada jawaban telinga : anting baru betul

Kemampuan Numerik

Tes Pola Bilangan
  1. 9-5-1-2-10-6-2-3-11-7-...
    • 3
    • 3? dapet darimana? loncat 4 4, 
    • jadi 9,10,11 trus 5,6,7 trus 1,2,3
  2. 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13-...-...-...
    • 14-13-14
    • dapet darimana? polanya bagi jadi 4 4
    • 13 14 13 14   - 11 12 11 12   - 15 16 15 16  -13 ... ... ...
    • nah ketauan kan angka kedua itu ditambahin satu dari angka pertama
    • kalo angka ke 3 dan 4 copyan dari angka ke 1 dan 2
  3. 11-19-10-20-9-21-8-...-...
    • 22-7
    • dapet darimana? loncat 2 2
    • 11,10,9,8,7 dan 19,20,21,22
  4. 5-6-7-8-10-11-14-...-...
    • polanya loncat 2 2
    • 5,7,10,14,...  ditambah 2, tambah 3, tambah 4,tambah 5 dst
    • 6,8,11,... sama kayak diatas
    • jawabannya 15-19
  5. ...-2-5-6-7-10-9-14
    • polanya loncat 2 2
    • ...,5,7,9 dan 2,6,10,14
    • deret pertama selalu ditambah 2, deret ke dua selalu ditambah dengan 4
    • jawabannya 3
  6. 42 13 19 49 19 19 56 25 19 ... ...
    • polanya loncat 3 3 nih
    • 42 49 56 ...     selalu ditambah dengan 7
    • 13 19 25 ...     selalu ditambah dengan 6
    • 19 19 19         tidak berubah
    • jawabannya 63, 31
  7. 12 9 9 8 6 7 ... ...
    • loncat 2 2...ada dua pola
    • 12,9,6,... selalu dikurangi 3
    • 9,8,7,... selalu dikurangi 1
    • jawabannya 3,6
  8. G H I M N J K L M N ... ...
    • hehe saya susah kalo ngeliat huruf...jadi saya pindah dulu dari huruf ke angka
    • 7 8 9 13 14 10 11 12 13 14 ... ...
    • udah keliatan kan polanya?
    • jadi jawabannya 13 14 yang berarti huruf M N
  9. A B C C D E F F F G H I I I ... ...
    • bingung?hehehe.coba kita warnain
    • A B C C D E F F F G H I I I
    • urutan selanjutnya berarti I J K L L L L L
  10. A B D B B D C B D D B D ... ...
    • dicoba dulu..baru liat jawabannya :)
    • B D B B D C B D D B D ... ...
    • urutan selanjutnya berarti E B D F B D
  11.  ... ... C F E D G H I L K J M N O
    • coba kita warnanin
    • ... ... C F E D G H I L K J M N O
    • yang merah urutannya normal, yang item dibalik, jadi jawabannya A B
  12. 81 64 72 56 ... ... 54 40 45 32 36
    • loncat 2 2
    • 81,72,...,54,45,36  selalu dikurangi 9
    • 64,56,...,40,32 selalu dikurangi 8
    • jadi jawabannya 63 48
  13. 1 3 7 15 ... ...
    • perhatikan...
    • 1 + 2 = 3
    • 3 + 4 = 7
    • 7 + 8 = 15
    • 15+16=31
    • 31+32=63
  14. 9 9 9 6 9 3 ... ...
    • loncat 2 2
    • 9,9,9,... selalu 9
    • 9,6,3,.... selalu dikurangi 3
    • jawabannya 9 0
  15. 12 13 ... ... 22 27
    • lihat ada 5 kali operasi dari angka pertama hingga menghasilkan angka terakhir
    • operasi pertama ditambah 1
    • operasi ke lima ditambah 5
    • berarti  13+2=15, 15+3=18, 18+4=22
  16. 2 10 4 8 ... ... 8 4
    • loncat 2 2
    • 2,4,...,8 selalu ditambah 2
    • 10,8,...,4 selalu dikurangi 2
    • jadi jawabannya 6 6
  17. ... 34 35 39 40 44 45
    • loncat 2 2
    • ...,35,40,45 selalu ditambah 5
    • 34,39,44 selalu ditambah 5
    • jadi jawabannya 30
  18. 11 4 22 9 ... 14 44 19 55
    • loncat 2 2
    • 11,22,...,44,55 selalu ditambah 11
    • 4,9,14,19 selalu ditambah 5
    • jadi jawabannya 33
  19. 5 8 16 ... ... 41 82 85
    • loncat 2 2
    • 5,16,...,82 selalu dikali 2 kemudian ditambah 6
    • 8,...,41,85 selalu dikali 2 ditambah 3
    • jadi jawabannya 19,38
  20. 2 3 6 7 14 15 ... ...
    • loncat 2 2
    • 2,6,14,... selalu ditambah bilangan genap setelah angka tersebut
    • 3,7,15,...selalu dikali 2 kemudian ditambah 1
    • jadi jawabannya 30,31
  21. 92 88 84 80 76 ... ...
    • selalu dikurangi 4 
    • jawaban : 72,68
  22. 3 7 16 35 74 ... ...
    • dikali 2 ditambah 1, dikali 2 ditambah 2, dikali 2 ditambah 3 dst
    • jawaban : 153, 312
  23. 2 3 5 7 ... ...
    • hayoo??bingung ya??ini bilangan prima :)
    • jawaban : 11,13
  24. 4 7 4 7 10 7 10 ... ...
    • loncat 2 2
    • 4 4 10 10 ... 
    • 7 7 7 ...
    • jawaban : 7 16
  25. 1 2 4 5 25 26 ... ...
    • polanya : tambahkan 1, tulis angkanya,kuadratkan untuk angka selanjutnya
    • jawaban : 676,677
  26. 1 2 6 24 120 ...
    • polanya : kalikan 1, kalikan 2, kalikan 3 dst
    • jawaban : 720
  27. 1 2 4 8 16 ... ...
    • polanya kalikan dengan 2
    • jawaban : 32, 64
  28. 12 13 15 18 ... ...
    • pola : tambahkan 1, tambahkan 2, tambahkan 3, dst
    • jawaban 22, 27
  29. 2 10 4 8 6 6 ... ...
    • loncat 2 2
    • 2,4,6,...
    • 10,8,6,...
    • jawaban 8,4
  30. 81 64 72 56 63 48 54 40 45 ... ...
    • loncat 2 2
    • 81,72,63,54,45,...
    • 64,56,48,40,...
    • jawaban : 32,36  
    • 4 4 8 4 16 4 ... ...
      • loncat 2 2
      • 4 8 16 ...
      • 4 4 4 ...
      • jawaban : 32,4
    • 18 10 20 12 24 16 ... ...
      • loncat 2 2
      • 18 20 24 ...
      • 10 12 16 ...
      • jawaban 32 24
    • 0 - 1/2 - 4 1/2 - 1 1/2 - 9 - 2 1/2 ... ...
      • loncat 2 2
      • 13 1/2 - 3 1/2

    Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)

    1. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + .......... +29 =
      • bisa di kerjain pake 2 cara
      • kelompokkan 
        • (1+29)+(2+28)+...(14+16)+15=30*14+15=435
      • rumus
        • penjumlahan bilangan asli   --> ½N x (N+1)
        • (29/2)*(29+1)=435
    2. 1² + 2² + 3² + 4² + 5² + .......... + 9² =
      • nah pake itungan biasa aja lebih simpel
        • 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81 = 
        • (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 = 285
    3. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a3 – 3a2b + 3ab2 – b3 =
      • nah...berdasarkan rumus yg ada di tips n trik.. itu sama aja kayak (a-b)3 
      • jadi jawabannya (5-2)3 =27
    4. (882 + 115)² =
      • 997², capek kan itungnya? buletin aja jadi 1000², nah berarti jawabannya yg mendekati 1jt, trus angka terakhirnya 9, kenapa 9? 997, 7 kuadrat kan 49
      • kalo ga yakin, trus pengen jawaban pastinya (anak stis bgt yak -___-) ubah aja jadi 
        • (1000-3)²=1jt-6rb+9=994.009
    5. Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y=
      • (Y/100)*80=32
      • Y=40

    6. berapakah nilai dari akar 61
      • hehe..kalo kayak gini cari aja yg mendekati...bilangan kuadrat yg mendekati adalah 64, yaitu 8 kuadrat, berarti 8 kurang dikit, cari aja di pilihan gandanya :)
    7. Jika x + y = 100 dan x/y=1/4, maka nilai x – y =
      • x/y=1/4  --> y=4x
      • x+y=100  --> x+4x=100 --> x = 20 , y = 80
      • x-y=-60
    8. 12 adalah 150% dari ??
      • bikin aja (150/100)* x =12
      • x= 8
    9. berapakah 6/7 dari 87,5 % ?
      • 6/7  *  7/8  =6/8=0,75
    10. 15 adalah 37,5% dari ?
      • 3/8  * x=15
      • x=40
      • 3 itu berapa persennya 20? 
        • (3/20)* 100% =15%
      • p = 2, dan q =3 , lalu r=p² + 2pq+q², berapa pqr ?
        • r=(p+q)² =25      , 
        • pqr=2*3*25=150
      • 4,036 : 0,04 = 100,9
        • Jika x=1/16 dan y=16%, maka ...
          •  x<y
          • 1/16 = 0,0625   , 16%=0,16
        •  (1/4) : (3/5) adalah ...
          •  5 : 12
        •  Jika a = 2  dan   b = -2 ,X=(a-b)² dan y=(b-a)², maka ...
          •  x =y
        •  Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang. Setiap orang akan memperoleh bagian Rp.60.000,-. Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan jika x rupiah dibagi merata, setiap orang sekarang memperoleh Rp.50.000,-. Berapa rupiah kah x ?
          •  300.000
          • x/n=60000   ,  x/(n+1) = 50000
          • n=5, x=300000
        •  Seorang pekerja dibayar Rp.800,- perjam. Dia bekerja dari pukul 8:00 sampai pukul 16:00. Dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 16:00. Jika dia memperoleh bayaran Rp.8.000,- pada hari itu, pukul berapa dia pulang?
          •  pukul 8:00 sampai pukul 16:00 --> 8 jam --> 8*800=6.400
          • gaji yang didapat abis lembur 8000-6400=1600
          • gaji lembur perjam 800+(800*50%)=1200
          • waktu lembur = 1600/1200 = 1,333 jam = 1 jam 20 menit
          • jam pulang = 16.00 + 1 jam 20 menit= 17.20 
        Tips dan Trik
        1. Tes Pola Bilangan /deret hitung (series)
          • pola bilangan dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan atau gabungan dari operasi2 tersebut
          • pola bilangan dapat ditebak jika telah ada minimal dua pola sebelum/ sesudahnya
          • langkah awal mencari pola adalah dengan memperhatikan perubahan dari suatu bilangan ke bilangan yg lain, kemudian tentukan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret / tidak
          • perbanyak latihan, makin bnyak latihan,makin mahir dan cepet anda ngerjainnya :)
        2. Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)


          • hafalkan rumus diatas, biasanya sering keluar,kalo tidak hafal, sering2lah latihan...insyaAllah akan terbiasa dan hafal sendiri. ingat..ga ada yg instan!

        Kemampuan berpikir logis dan analitis
        Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)
        1. Susilo paling pandai, Edy kalah pandai dibanding Leonardo,Leonardo sama pandainya dengan Viki. Viki lebih pandai dari Natsir. 
          • Jika digambar, kurang lebih sbb:
          • nah setelah itu tinggal cari jawaban yang sesuai dengan gambar :)
        2. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin.Sementara office boy adalah karyawan
          • kalo digambar jadi begini
          • nah jadi tidak semua OB itu karyawan, ada pula yg bukan karyawan
          • jadi tidak semua OB ikut rapat rutin, tinggal cocokin deh ama jawaban :)
        3. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak. Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut,dan memiliki 4 saudara. 
          • jadi kesimpulan yang bisa ditarik adalah, 
            • hermawan punya 2 kakak tiri dan 2 adik kandung. 
            • mereka 5 bersaudara
        4. Merpati terbang ke utara, merpati adalah burung
          • kesimpulan yang bisa didapat :
          • sebagian burung adalah merpati, sebagian burung terbang ke utara
        5. Hesty, Belly, Penky, dan Melly adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas yang sama. Hesty lulus sebelum Belly tetapi sesudah Penky, dan Melly lulus sebelum Hesty
          •  jadi kalo di gambar kayak gitu
          • kesimpulan yang dapat diambil
          • belly lulus yg paling akhir. yang paling cepet lulusnya ga bisa dicari... antara penky dan melly
        6. Pengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial, Sebagian ketua RT pernah menjadi pengurus koperasi.
          • kesimpulan : sebagian ketua RT seharusnya berjiwa sosial
        7. Beberapa dosen bergabung dalam tim Karawitan. Tim Karawitan tidak ada yang menjadi pemain tenis.
          • kesimpulan : beberapa dosen bukan pemain tenis
        8. A dan B berasal dari fakultas yang sama. D dan E juga berasal dari fakultas yang sama. A,B,C,D,E sedang duduk di kursi panjang, namun Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan.
          • cari aja jawaban dimana  A ga sebelah B dan D ga sebelah E :)
        9. Semua guide pandai berbahasa asing. Fido bukanlah seorang guide.
          • Biasanya banyak yang terjebak untuk menarik kesimpulan bahwa Fido tidak pandai berbahasa asing. Ini adalah kesimpulan yang tidak benar. Perhatikan kalimatnya: semua guide pandai berbahasa asing. Kalimat tersebut tidak dapat dibalik, artinya yang pandai berbahasa asing bukan hanya guide. Sehingga jika dikatakan Fido bukanlah seorang guide, maka belum tentu ia tidak pandai berbahasa asing!
          • Jadi, tidak ada kesimpulan yang benar
        10. Selama semester ini Budi belum pernah mendapat nilai lebih baik daripada teman-temannya. Heru termasuk diantara separuh siswa yang terpandai di kelas. Agus lebih pandai daripada dari Heru dalam pelajaran Matematika. Hasil ulangan Biologi Agus lebih rendah daripada hasil ulangan Budi.
          • kesimpulan :
            • budi nilainya paling jelek
            • heru pandai
            • agus lebih pandai dari heru di matematika
            • budi lebih pandai dari agus di biologi
        11. 1) Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS.  2) Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS. 3) Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh. 4) Purdi mempunyai nilai ijazah yang lebih buruk dari pada Alan.
          • kesimpulan :
            • belum tentu purdi lebih bodoh dari alan, ataupun sebaliknya
            • keduanya belum tentu lolos ujian cpns, tapi mungkin saja lolos, karena kita tidak tau purdi dan alan itu pinter apa nggak hehehe
        12. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati.
          • kesimpulan: semua hewan akan mati 
        13. semua bayi minum ASI. Sebagian bayi diberi makanan tambahan.
          • kesimpulan: sebagian bayu minum asi dan diberi makanan tambahan
        14. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. Kucing adalah hewan yang mempunyai ekor. Tidak semua hewan berekor dapat memanjat. Jadi ...
          • Kucing akan mati
        15. Indah lebih tinggi dari Ade, dan Sulastri lebih pendek dari Indah. Kesimpulan yang dapat diambil dari pernyataan di atas adalah ...
          •  Sulastri dan Ade lebih pendek dari Indah

        gambar2 :
        1.  




        Tips dan Trik
        1.  Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)
          • untuk soal2 perbandingan yang biasanya punya ciri2 pake kata "LEBIH" atau "DARIPADA", maka solusi termudahnya adalah dengan cara digambar/ditulis
          • Dalam soal-soal SILOGISME sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika anda menemui kata: 
            • Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua, maka artinya adalah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA. (jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).
            • Semua/ setiap, artinya adalah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI. (jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).
            • kalimat yang tidak didahului oleh kata 
            • semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA


        Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Bocoran Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Dan Kunci Jawaban dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari refrensi contoh soal untuk tes intelegensi umum yang lengkap dengan kunci jawabannya, sehingga dapat mempermudah dalam mempelajari dirumah. Terima kasih

        2 Responses to "Bocoran Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Dan Kunci Jawaban"

        1. Halo admin...
          Ini soal dan pembahasan nya ada bentuk PDF nya gk? Makasih

          ReplyDelete
          Replies
          1. mohon maaf untuk format pdf nya belum ada, karena contoh soal tersebut kami ambil dari beberapa refrensi

            Delete