google.com, pub-4169750801100201, DIRECT, f08c47fec0942fa0
8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti

8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti - Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Yogyakarta adalah salah satu kota khusus yang memiliki otonomi khusus, dimana bentuk pemerintahan provinsi dalam bentuk istana kraton, dimana Sultan adalah Gubernur secara otomatis.

Sedikit bicara tentang sejarah, Jogja, menjadi salah satu kota sejarah Indonesia. Bahkan ketika Belanda lagi menyerang Indonesia sekitar tahun 49an, Indonesia sudah telah jatuh kembali ke tangan Belanda. Dan melalui siaran Radio Pahlawan mengumumkan perlawanan dan diikuti daerah Indonesia wilayah lainnya. Ini adalah sedikit tentang sejarah panjang kota pendidikan.

Kali ini ndrangsan.com ingin mengundang Anda sepanjang jalan-jalan Yogyakarta. Ada banyak sekali tempat wisata di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda siswa yang belajar di Yogyakarta tentu saja akrab dengan beberapa tempat wisata di Yogyakarta berikut. Namun, masih ada banyak tempat-tempat yang dingin untuk mengunjungi.

Wisatawan lokal dan asing pasti tahu Candi prambanan, Pantai parangtritis, atau Malioboro. Namun, ternyata Yogyakarta tidak tentang hal itu-itu saja. Masih ada banyak sekali surga wisata di Yogyakarta disimpan dan menunggu kita untuk mengunjungi.

Langsung saja simak 8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti dibawah ini :

Puncak Suroloyo di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY

Puncak Suroloyo yang terletak di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, DIY
Pemandangan di Puncak Suroloyo source solehudin91.blogspot.com
Tidak perlu untuk mendaki gunung jauh membuat menikmati matahari terbit di atas awan. Puncak Suroloyo terletak di pegunungan Menoreh Kulonprogo, DIY, menampilkan pesona dari matahari terbit dengan hamparan awan tidak kalah keren dari pegunungan yang terkenal di Yogyakarta lainnya. Dari gardu pandang tertinggi mdpl 1,019, Anda bisa melihat empat Gunung — Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro, — serta Candi Borobudur kadang-kadang tertutup kabut dari kejauhan.

Mendapatkan pemandangan yang indah di puncak Suroloyu tentu tidak tanpa usaha yang mudah. Anda harus melangkah sekitar 290 tangga untuk masuk ke atas. Oh ya, menurut legenda, tempat ini digunakan untuk menjadi lokasi mana inilah Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit untuk melakukan tapa kesatriyan. Inilah Raden Mas Rangsang adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma, orang yang berkuasa di tanah Jawa.


Museum Sisa Hartaku Di Kaki Gunung Merapi

Museum Sisa Hartaku Di Kaki Gunung Merapi
Museum Sisa Hartaku via intisari-online.com
Erupsi Merapi pada akhir 2010 dan kemudian menempelkan kenangan di benak warga desa Kepuharjo yang terletak di lereng gunung berapi yang paling aktif. Tapi, daripada terus meratapi, Pak Arwana mengubah sisa-sisa harta miliknya ke dalam sebuah museum kecil.

Museum Sisa Hartaku memamerkan benda-benda yang tersisa dari serangan wedhus gembel diatur puing-puing dari rumah Mr Arwana. Meskipun sederhana, tempat ini penuh makna; Ia memamerkan ketakutan saksi dalam semburan awan panas mencapai ribuan derajat. Ada bangkai sapi yang tinggal berulang, bangkai sepeda motor, gamelan yang tampak terbakar, serta sejumlah perkakas lainnya.


Cave Tubing di Kalisuci Goa Pindul Gunung Kidul

cave tubing di Kalisuci Goa Pindul Wonosari
Cave tubing di Kalisuci source beautifultraveling.wordpress.com

Cave tubing adalah kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body rafting melewati sungai yang terletak di dalam bumi. Belakangan ini, yang sedang naik daun adalah aktivitas cave tubing di Goa Pindul, Gunung Kidul, DIY; tempat itu selalu dipadati wisatawan. Tapi, sebenarnya ada satu lagi lokasi cave tubing yang gak kalah seru, yaitu Kalisuci,

Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Disebut Kalisuci karena di sini terdapat mata air—letaknya di atas aliran sungai—yang sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh ketika musim hujan. Dengan membayar retibusi sebesar 5 ribu dan paket cave tubing sebesar 70 ribu, kamu sudah bisa menikmati petualangan menyusuri sungai di perut bumi.

Pantai Pok Tunggal Pasir Putih Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Pasir Putih Gunung Kidul
Pantai Pok Tunggal dengan pohon durasnya. deeluxz.blogspot.com
Gunung Kidul terkenal dengan sejumlah pantainya yang berpasir putih. Tapi, ada sebuah pantai yang unik karena tersembunyi di antara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya.

Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, kamu bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal. Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja. Oh iya, jangan juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.


Goa Jomblang di Perbukitan Karst Gunung Kidul 

Goa Jomblang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul
Cahaya di Goa jomblang Source www.n-journal.com
Kalau kamu tertarik dengan wisata goa, kamu gak boleh melewatkan Goa Jomblang. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal yang menyimpan keunikan yang gak biasa. Untuk mencapai dasar goa kamu harus menggunakan peralatan khusus yang standar keamanannya terjaga dan didampingi oleh pemandu. Biaya wisata ke Goa Jomblang cukup mahal, sekitar Rp 450.000,00 untuk 2 orang.

Bagi yang enggan mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat atau sudah punya alat sendiri, ada baiknya kamu melancarkan teknik single rope dulu sebelum berkunjung ke sini. Sebab turunan yang harus kamu lalui untuk masuk ke gua cukup ekstrim.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga kamu bisa melihat ‘cahaya surga’. Di dalam goa ini juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Keindahan goa ini dijamin bikin kamu terkagum-kagum. Cuma di Goa Jomblang kamu bisa merasakan sekelumit sensasi surga walau masih berstatus sebagai manusia.

Karya-Karya Seni Abadi Pelukis Affandi

karya-karya abadi pelukis Affandi
Salah satu sudut museum Affandi Source www.affandi.org
Bagi kamu yang punya ketertarikan dengan karya seni, wajib menyambangi tempat yang satu ini. Di Museum Affandi inilah, dipajang ratusan koleksi lukisan karya Affandi semasa hidupnya. Museum ini gak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto 167, terletak di pinggir Kali Gajah Wong.

Selain galeri lukisan, museum ini juga memajang barang-barang koleksi pribadi milik Affandi. Untuk memasuki museum Affandi, kamu cukup membayar 20 ribu saja. Harga yang sebenarnya jauh sangat murah jika dibandingkan dengan kepiawaian Affandi menghasilkan mahakarya abadinya.


Pemandian Tirta Budi Blue Lagoon Wisata Tersembunyi

Pemandian Tirta Budi Blue Lagoon Tempat Wisata Tersembunyi
Pemandian Tirta Budi Blue Lagoon bluelagoonyk.blogspot.com

Pemandian Tirta Budi atau juga disebut “Blue Lagoon” adalah wisata Yogyakarta yang lokasinya tersembunyi. Diberi nama Blue Lagoon karena kolam yang terbentuk alami ini berwarna biru muda akibat pantulan cahaya matahari di pagi hari.

Lokasi Pemandian Tirta Budi berada di Widodomartani, Sleman atau sekitar 30 menit berkendara atau sejauh 20 km ke arah utara dari pusat kota Yogyakarta. Luas kolam pemandiannya hampir sama dengan luas lapangan basket, berkedalaman sekitar 3 meter. Pemandian Tirta Budi bisa dikunjungi pukul 06:00 – 18:00 setiap hari.

Museum Ullen Sentanu

Museum Ullen Sentanu
Museum Ullen Sentanu nikaresti.blogspot.com
Ullen Sentalu sebenarnya singkatan dari bahasa Jawa, yaitu : “Ulating blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang artinya “Nyala lampu merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan” .

Museum bergaya gothic ini menampilkan kebudayaan masyarakat Jawa masa lalu melalui berbagai dokumentasinya, seperti batik dengan berbagai corak, pakaian, lukisan-lukisan dan foto-foto tentang budaya dan tokoh Jawa.

Ruang-ruang ekshibisi di museum ini juga menjadi sebuah perekam pelbagai kejadian atau peristiwa di masa lalu. Pelbagai peristiwa yang dimaksud lebih mengarah kepada peristiwa-peristiwa yang dialami oleh para bangsawan dari empat keraton di Solo dan Yogyakarta, yakni Kasunanan Surakarta, Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Puro Pakualaman Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu memiliki beberapa ruang, yaitu Ruang Selamat Datang, Ruang Seni Tari dan Gamelan, Guwa sela Giri, 5 ruang di Kampung Kambang, Koridor Retja Landa, serta Ruang Budaya.

Saat ini, harga tiket masuk museum:

Wisatawan asing US$ 5.00

Pelajar atau mahasiswa asing Rp 25.000

Pengunjung dewasa Rp 25.000

Pelajar Rp 15.000

Ingat, Anda tidak bisa sembarangan memotret di tempat ini. Namun, panitia biasanya akan menyediakan waktu dan tempat khusus untuk berfoto. Meuseum ini berada di kawasan wisata Kaliurang Yogyakarta, di dalam Taman Kaswargan lereng Gunung Merapi.

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul 8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari beberapa refrensi untuk mencari tempat wisata di jogja yang pastinya sangat menarik sekali untuk di kunjungi.

0 Response to "8 Tempat Wisata Jogja Yang Paling Unik Jarang Kesini Pasti"

Post a Comment