5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus

5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mudah untuk mendapatkan atau memilih sound dan efek gitar yang bagus. Walaupun saya ini bukan gitaris namun saya akan memberikan beberapa tips pemilihan sound dan efek gitar yang baik, yang pernah saya dapatkan dari teman saya yang sangat mahir dalam dunia musik terutama efek dan juga sound gitar. Karena teman saya ini juga memiliki sebuah studio musik yang berada di jogja yang cukup terkenal juga (Melody Studio), dia juga seorang gitaris yang handal, maka dari itu saya akan memberikan tips dan cara memilih efek gitar dan sound yang bagus yang pernah saya dapatkan.


5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus
Sumber Foto : Wahyu Melody
Guitar effect merupakan salah satu kelengkapan yang tidak dapat dipisahkan bagi anda pecinta Guitar, Kita tahu dan kita kenal ada jenis Effect yaitu Effect Digital dan Analog atau biasa kita sebut dengan istilah Stombox. Yang mana yang bagus? Pertanyaan yang logis, Pada dasarnya kedua jenis effect tersebut sama saja, gunanya untuk memanipulasi Suara Guitar, Apakah itu berupa distorsi, Flanger, Delay, Wah, dan masih banyak jenis suara yang lainnya. walaupun dari segi penggunaan tetap sama, akan tetapi ada sedikit perbedaan mendasar yang perlu anda ketahui dan perlu anda pertimbangkan jika anda berencana untuk membeli Guitar Effect.

Oleh karena itu, sebelumnya saya akan menjelaskan dimana kelebihan dari setiap jenis Effect Tersebut.
  1. Effect Manual / Stombox

    Kelebihan dari jenis effect ini adalah Sound yang dihasilkan jauh lebih natural, Lebih kental dari pada yang digital, sehingga sebagian besar gitaris - gitaris papan atas lebih suka memakai jenis efek ini. akan tetapi kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menikmati beberapa rangkaian suara yang kita inginkan. disisi lain, jenis effect ini juga kurang praktis untuk kita bawa kemana-mana.
  2. Effect Digital

    Satu kelebihan mendasar yang dimiliki Effect Digital adalah Sudah Built In dalam satu ton Bank Nya yang artinya kita tidak perlu lagi merangkai satu demi satu jenis effect seperti pedal Stombox, kita hanya perlu memilih dan mengaktifkannya saja, selain itu jauh lebih praktis dan ringan jika kita bangdingkan dengan yang Stombox. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa Effect digital Mempunyai sound yang kurang natural,
Saya rasa sudah cukup jelas dimana letak perbedaan antara kedua jenis effect tersebut, Bagaimanakan memilih Effect Gitar yang baik??
  1. Pedal Stombox
    • Tentukan dahulu Effect yang ingin anda beli, apakah itu berupa distorsi, Delay, Flanger, Chorus dan sebagainya.
    • Saat anda membeli effect, jangan hanya terpaku atau terfokus dengan satu merk saja, usahakan buat perbandingan setidaknya dua sampai tiga merek.
    • Setelah ketemu, Cari tahu  mana yang bisa mengeluarkan atau bisa mengangkat power yang lebih tinggi. untuk mengetahuinya,Coba anda putar salah satu parameter yang ada pada effect tersebut, jika perubahan kurang anda rasakan maka jangan ragu untuk mengganti Effect tersebut dengan yang lain.
  2. Effect Digital
    • Carilah Effect yang mempunyai fitur paling banyak.
    • Cari Effect yang tidak terlalu banyak tombolnya, Usahakan yang simpledan yang terpenting Periksa juga apakah seluruh Knob tersebut bisa berfungsi dengan baik.
    • Seperti halnya dengan stombox saat anda memilih, jangan hanya mengandalkan satu merk saja, bandingkan dengan beberapa merk yang berbeda-beda.
    • Pastikan bahwa effect tersebut tidak mempengaruhi sound Pada saat di By Pass, 
    • Ketahui apakah Boros batrei  atau tidak.


Mendapatkan sound gitar yg sesuai keinginan tentu bukan hal yg mudah, banyak trial & error yg harus dilalui tapi palig tidak ada beberapa Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus, semoga bisa membantu :


  1. Pastikan dulu jenis musikmu (pop, blues, rock dll).
  2. Instrumen yg digunakan terutama pilihan pick up jika ingin bluesy pilih yg single coil, pingin lebih heavy pilih yg humbucker.
  3. Tipe effect gitar jg mempengaruhi pingin warm pilih overdrive, pingin lebih heavy cari yang drive/dist nya lebih banyak atau main boosteran seperti TS9.
  4. Cara picking juga mempengaruhi tone Gitar mu.
  5. Jika ada bujet lebih, ada baiknya memiliki ampli/head amp sendiri sehingga bs lebih match gear mu.


Untuk lebih detailnya dalam cara memilih efek gitar listrik ataupun cara memilih sound sistem gitar sebaiknya sobat lihat gitaris gitaris profesional ataupun teman sobat yang sudah berpengalaman dalam dunia musik terutama seorang gitaris juga tentunya. Mereka selalu menggunakan berbagai jenis merek gitar dengan berbagai rakitan yang sangat menawan. Sehingga dapat selalu mengeluarkan kualitas suara yang sangat baik. 

Ini Contoh Simple Videonya Sob




Tag: 5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus, efek gitar digital murah, efek stompbox distorsi terbaik, efek gitar digital terbaik , harga efek gitar digital, jenis efek gitar dan harganya, harga efek stompbox, efek gitar boss, efek stompbox untuk pemula

Baca Juga: Cara Pemula Belajar Bermain Gitar Cepat Bisa Itu Mudah Sekali

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul 5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari beberapa refrensi dalam dunia musical untuk sound dan efek gitar. Dan apabila berkenan cobalah untuk share artikel ini kepada teman kalian yang sedang membutuhkannya, dan cobalah untuk share di facebook ataupun media social lainnya.

0 Response to "5 Tips Memilih Sound Dan Efek Gitar Yang Bagus"

Post a Comment