Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya

Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya - kata-kata bijak bahasa Jawa memiliki banyak bentuk, dan dapat digunakan dalam berbagai masalah kehidupan. Tidak sangat berbeda dari jenis kata-kata bijak di Indonesia, tapi kadang-kadang kata-kata bijak bahasa Jawa akan jauh lebih signifikan bagi orang-orang yang memiliki asal-usul etnis yang berbeda dari budaya Jawa. Setidaknya, bahasa adalah alat komunikasi yang paling baik digunakan antara makhluk untuk berinteraksi. Dengan demikian, makna paling mendasar dari bahasa. Untuk tujuan ini, proses pemecahan masalah akan seseorang perlu sarana untuk berkomunikasi. Bahasa adalah solusinya. kata-kata bijak Indonesia tampak akrab dengan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Namun, akan kata-kata bijak yang berasal dari bahasa selain Indonesia, seperti bahasa Jawa memiliki kekuatan yang sama dari kata-kata bijak dari Indonesia? Jika Anda masih pertanyaan, maka Anda benar-benar harus mencoba untuk memahami mentalitas orang-orang Jawa. Karena bahasa Jawa kata-kata bijak akan selalu identik dengan budaya Jawa. Oleh karena itu, jika pertanyaannya adalah apakah arti yang diberikan oleh kata-kata bijak dari bahasa Jawa akan sekuat makna kata-kata adalah kata-kata bijak dari Indonesia pada umumnya, yang mempengaruhi kehidupan manusia, itu semua tergantung pada pola bagaimana budaya masyarakat. Untuk kata-kata tentu bijak bahasa Java akan sangat berpengaruh, tapi untuk orang lain selain Jawa, belum tentu.

Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya

Berikut dibawah ini adalah kumpulan Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Beserta Artinya Terbaru 2014

“Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu”. Artinya Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.

“Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo”. Artinya Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.

“Ambeg utomo, andhap asor”. Artinya Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.

“Ora kena nglarani”. Artinya Jangan melukai orang lain

“Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati”. Artinya Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.

“Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran”. Artinya Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”. Artinya Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri

“Narimo ing pandum”. Artinya Menerima segala rintangan dengan ikhlas

“Adigang, adigung, adiguno “. Artinya jaga kelakuan, jangan somobong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.

“Urip kang utama, mateni kang sempurna”. Artinya Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.

“Mohon, mangesthi, mangastuti, marem”. Artinya Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.

“Alam iki sejatining Guru”. Artinya Alam adalah guru yang sejati.

“Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan”. Artinya Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.

“Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana”. Artinya berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia

“Natas, nitis, netes”. Artinya Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.

“Aja mbedakake marang sapadha-padha”. Artinya Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.

“Rela lan legawa lair trusing batin”. Artinya Ikhlas lahir batin
Sebagai motivasi hidup, kata-kata mutiara juga hadir tidak hanya dalam satu bahasa. Setiap bahasa memiliki kata-kata mutiara sendiri untuk melindungi orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut. Hal ini juga berlaku untuk kata-kata mutiara bahasa Jawa, yang juga digunakan untuk penduduk Jawa dan non-Jawa sebagai motivasi dan prinsip hidup karena kata-kata yang mewakili bagaimana hidup seharusnya.

Kata mutiara bahasa Jawa, yang merupakan pidato kepada para penatua yang memiliki banyak pengalaman hidup mereka ingin berbagi sehingga generasi mendatang dapat hidup lebih baik. Kata banyak apakah digunakan sebagai prinsip hidup bagi orang-orang yang memahami secara detail makna yang terkandung dalam kata-kata mutiara dari Jawa. Dengan pengalaman sebelumnya orang-orang yang ingin berbagi dengan anak-anak dan cucu-cucu kita sehingga kehidupan mereka bisa lebih baik daripada kehidupan sebelumnya saat mereka pergi.Dengan penjelasan ini akan diberikan mutiara singkat bahasa Jawa dapat dipelajari untuk kehidupan mereka selanjutnya. Pepatah Jawa tidak hanya berlaku untuk Jawa, tetapi untuk semua orang yang menggunakannya sebagai pelajaran dan motivasi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

 
Aja mbedakake marang sapadha-padha”.
Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
Ambeg utomo, andhap asor”.
Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.
Yen urip mung isine isih nuruti nepsu,sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu
Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan
Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan
Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran”
Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo
Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada tuhan.
Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”.
Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri
Rela lan legawa lair trusing batin”.
Ikhlas lahir batin.
Sabar iku ingaran mustikaning laku
Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan
Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu.
Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu.biar baik nasibmu.
Jumbuh karo unine bebasan, sabar iku kuncining swarga, ateges marganing kamulyan.
Artinya : Sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah "jalan utama" untuk mendapatkan "surga". Yang dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan. 
Sabar iku ingaran mustikaning laku.
Artinya : Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yg sangat indah dalam sebuah kehidupan. 
"Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu". 
Artinya : Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga. 
"Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana."
Artinya : Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia. 
"Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati." 
Artinya : Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. 
Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip.
Artinya : Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing. 
Byung-byung tawon kembu.
Artinya : Orang yang suka berkumpul-kumpul tanpa ada keperluan. 
Brojol saselaning garu.
Artinya : Selamat dari keadaan buruk berkat kecerdikan. 
"Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki."
Artinya : Sebaliknya kita harus menjalani dengan penuh harapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini. Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan. 
Nanging ora ateges gampang pepes kentekan pengarep-arep.
Artinya : Akan tetapi bukan berarti lalu kita gampang kehilangan pengharapan.

 Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya yang sedang mencari sebuah kata kata bijak ataupu kata kata mutiara dengan bahasa jawa yang baik dan juga kata kata yang bagus, dan apabila artikel ini sangat bermanfaat cobalah untuk share artikel ini kepada teman anda pada facebook ataupun media social lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu berkunjung diblog ini karena setiap harinya akan selalu update artikel lebih lebih menari lagi.
Sumber: 
http://dewikata.blogspot.co.id 
http://katabijakbagus.com h
ttp://katabijakinspirasiku.blogspot.co.id

0 Response to "Kata Kata Bijak Dan Mutiara Bahasa Jawa Lengkap Dengan Artinya"

Post a Comment