Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa

Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk belajar bahasa jawa dengan mudah dan dapat dipahami dengan translate bahasa indonesia. Untuk bisa berbicara bahasa jawa kita perlu mengetahui beberapa kata penting dalam bahasa jawa dan juga kita harus sering berlatih dengan melakukan percakapan sehari harinya agar bahasa jawa kita bisa lancar dan cepat bisa untuk berbicara bahasa jawa. Nah dengan artikel ini saya akan memberikan contoh percakapan untuk belajar bahasa jawa agar dapat kalian praktekkan untuk sehari harinya dan pastinya dalam beberapa minggu kalian dapat berbicara bahasa jawa dengan benar. Yuk langsung saja simak Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa dibawah ini : 

Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa

Mari Mengenal Kata Tanya Untuk Belajar Dalam Bahasa Jawa
Anda pasti sudah mengenal bagaimana teknik pengucapan bunyi vokal dan konsonan bahasa Jawa pada posting saya sebelumnya. Jika belum sebaiknya, anda pelajari dulu deh sebelum di bab ini biar Anda mudah dalam membacanya menggunakan tanda yang saya gunakan. Nah, kini saya akan membahas tentang macam-macam kata tanya dalam bahasa Jawa.
1. Apa….?
Kata tanya ini juga digunakan untuk menanyakan sesuatu benda. Contoh:
– apa kuwi sing mbok gawa?
(apa itu yang kamu bawa?)
– apa iki?
(apa ini?) dan lain-lain….
2. Sapa….?
Kata Tanya ini biasa digunakan untuk menanyakan orang. Contoh:
– Sapa jenengmu?
(siapa nama kamu?)
– Sapa bapakmu?
(siapa bapak kamu? dan lain-lain….
3. Piye
Kata tanya ini untuk menanyakan keadaan seseorang. Contoh:
– Piye kabarmu?
(bagaimana kabarmu?)
– Piye carane?
(bagaimana caranya?) dan lain-lain….
4. Pira
Nah, kalau yang ini untuk menanyakan jumlah benda atau harga. Contoh:
– Pira sedulurmu?
(berapa saudara kamu?)
– Buku iki regane pira?
(buku ini harganya berapa?) dan lain-lain….
5. Kapan
Kata tanya ini digunakan untuk menanyakan waktu. Contoh:
– Kapan kowe arep bali?
(kapan kamu akan kembali?)
– Tanggal lairmu kapan?
(tanggal lahir kamu kapan?) dan lain-lain….
6. Ngapa? Kena apa?
Kata tanya ini menanyakan suatu alasan. Contoh:
– Kowe kok nangisi ngapa/kena apa?
(kamu kok nangis kenapa? atau mengapa kamu kok nangis?) dan lain-lain…..
Nah, mungkin hanya itu dulu postingan untuk hari ini yah…..have a nice day!
Matur Suwun

Contoh Percakapan Dalam Bahasa Jawa

Wah, sudah lama ni saya tidak update posting di blog ini karena kesibukan di luar online. Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri / Sugeng Riyadi 1433 H untuk sedulur-sedulur muslim semua di seluruh dunia walaupun sudah terlambat beberapa hari heheheehhe :).
Ok lanjut…
Kali ini saya ingin menulis beberapa contoh percakapan dalam bahasa Jawa.
A : Piye Kabare? (Apa kabar?)
B : Apik. Hla kowe piye? (Baik. Lha kamu bagaimana?)
A : Aku ya apik. Wah, wis suwe ora ketemu ki. Kangen rasane karo kanca. ( Aku juga baik. Wah, sudah lama tidak ketemu nih. Kangen rasanya sama teman).
B : Saiki kowe wis nyambut gawe apa durung? (Sekarang kamu sudah kerja apa belum?)
A : Aku durung nyambut gawe isih nganggur. Hla kowe piye? (Aku belum kerja masih nganggur. Lha kamu bagaimana?)
B : Alhamdulillah, aku wis oleh gawean. Ya wis ayo mangan bareng ning warung mi ayam kae. Tak traktir tenang wae.(Alhamdulillah, aku sudah dapat kerja. Ya udah makan bareng di warung mi ayam itu yuk.Aku traktir tenang saja)
A : Ayo. (Ayo)

Contoh Percakapan Dalam Bahasa Jawa (Bag.2)

Nina lagi dolan menyang omahe kanca sak kelas jenenge Siti. Dina iku Siti pas lagi nandur kembang ning latar mburi omahe. (Nina sedang main ke rumah teman sekelasnya namanya Siti. Hari itu Siti pas sedang menanam bunga di halaman belakang rumahnya)

Nina : Hai Siti (Hai Siti)
Siti  : Hai Nina (Hai Nina)
Nina : Kowe lagi ngapa? (Kamu sedang apa? / kamu lagi ngapain?)
Siti  : Aku lagi nandur kembang ki. Aku njaluk tulung gawakno pot kembang sing ning kana kae mrene, isa ora? (Aku sedang/lagi menanam bunga nih. Aku minta tolong bawakan pot bunga yang di sana itu ke sini bisa nggak?
Nina : Ya ( Nina nggawa pot kembange)…..Siti iki pot kembange. (ya…Nina membawa pot bunganya…Siti ini pot bunganya)
Siti : Matur nuwun ya (terima kasih ya)
Nina : Padha-padha Siti. Kembang-kembang iki endah ya. Apa iki kabeh duwekmu Siti? (Sama-sama Siti. Bunga-bunga ini indah ya. Apa ini semua punyamu Siti?)
Siti : Iya. Ibuku mundhutake kembang-kembang iki kabeh kanggo aku. (Iya ibuku membelikan bunga-bunga ini semua untuk aku)
Nina : Tak ewangi nyirami kembange ya? (Aku bantu menyirami bunganya ya?)
Siti : Wis ora usah Nina malah dadi ngrepotake awakmu…(udah nggak usah Nina malah merepotkan kamu…)
Nina : Ora apa-apa…aku malah seneng hlo (nggak apa-apa..aku malah senang lho)
Siti : Ya wis kae nek njupuk banyu ning kran kidul kae ya….(Ya udah itu kalau mengambil air di keran sebelah selatan itu ya..)
Nina : Ok :) (ok!)
NB: Dalam bahasa Jawa jika kata kerja untuk orang tua menggunakan bahasa krama alus : pada contoh di atas membelikan:
Ngoko : nukokake
Krama Alus : mundhutake

Beberapa cara/tips yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk berusaha belajar bahasa Jawa:

  1. Sering-sering membaca buku bahasa Jawa. (Kalau sampe keracunan hubungi Saras 008)
  2. Praktekin bahasa Jawa ke orangtua, kakak, adek, tetangga, temen-temen, para fans, dan masyarakat umum. (Yaa, kuncinya kudu siap-siap aja diketawain)
  3. Banyak-banyak belajar kosa kata bahasa Jawa dan penggunaannya. (Bahasa Jawanya ini - artinya apa? - digunakan untuk apa?)
  4. Private sama yang jago bahasa Jawa. (jangan salah orang, usahakan sehemat mungkin dan cari yang gratisan)
  5. Jangan malu bertanya. (tetapi jangan sering-sering bertanya juga, biar gak ngeselin)
  6. Diam, dan perhatikan teman-teman yang lagi ngomong. Pelajari intonasi, gerak tubuh, dan ekspresi atau mimik wajahnya.
  7. Siapkan balpoin dan notes kecil untuk mencatat kata-kata baru yang tidak dimengerti. 
Baca Juga : Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya dalam melakukan belajar bahasa jawa dengan benar, dan mudah mudahan dengan artikel ini kalian bisa cepat bisa untuk melakukan percakapan dalam bahasa jawa yang benar. Dan jangan lupa share artikel ini kepada teman sobat yang sedang belajar bahasa jawa mudah mudahan dengan artikel bisa bermanfaat juga bagi teman sobat.

1 Response to "Contoh Percakapan Untuk Belajar Bahasa Jawa"

  1. belajar bahasa jawa halus
    belajar bahasa jawa kasar
    kamus bahasa jawa
    mari belajar bahasa jawa
    belajar bahasa jawa kromo inggil
    belajar bahasa jawa timur
    belajar bahasa jawa kromo
    belajar bahasa jawa sehari hari

    ReplyDelete