Skripsi Bab 1 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA BIMBINGAN BELAJAR CONDROWANGSAN (BBC) SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Skripsi Bab 1 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA BIMBINGAN BELAJAR CONDROWANGSAN (BBC) SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah     
Di zaman modern seperti sekarang ini kebutuhan terhadap suatu informasi sangatlah penting, sehingga informasi yang kita butuhkan harus dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Salah satu media yang sudah semakin banyak digunakan masyarakat saat ini adalah situs-situs berbasis web. Oleh karena dengan menggunakan  situs web ini bisa memberikan informasi dengan lengkap dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Sistem informasi banyak digunakan dalam suatu lembaga. misalnya dalam sebuah perusahaan, perkantoran dan pendidikan. Dalam lembaga pendidikan, sistem informasi ini bertujuan untuk promosi atau memberikan gambaran umum mengenai profil lembaga pendidikan yang bersangkutan dan juga memberikan informasi kepada para siswa, guru, atau orang yang membutuhkan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sarana dan prasarana pendidikan pun dituntut untuk mengikutinya. Dengan adanya sistem informasi yang baik, diharapkan orang-orang tersebut akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Teknologi informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu instansi pendidikan. penggunaan sistem informasi ini tidak hanya menyajikan suatu proses otomatisasi tetapi juga memberikan kecepatan dan akurasi dalam memberikan suatu informasi. Oleh karena itu, untuk skripsi ini penulis memilih



1.2              Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang disajikan di atas maka pemasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Bagaimana membangun Sistem Informasi berbasis WEB pada BIMBINGAN BELAJAR CONDROWANGSAN (BBC) untuk mempermudah dalam memberikan suatu informasi ?
2.      Bagaimana Sistem Informasi berbasis WEB ini dapat memberikan informasi dengan  akurat dan tepat bagi para siswa dan guru pengajar ?

1.3              Batasan Masalah
Dari rumusan masalah yang diuraikan, penulis membatasi permasalahan  dalam pembuatan skripsi. Penulis tidak membahas tentang sistem jaringan, proses keuangan maupun absensi.
1.      Lingkup penelitian dilakukan di BIMBINGAN BELAJAR CONDROWANGSAN (BBC).          
2.      Dalam pembuatan Sistem Informasi ini penulis menggunakan software :
a.         My SQL
b.         PHP
c.         Apache
3.      Sistem Informasi ini menampilkan data pengajar, data siswa, jadwal mengajar, jadwal pelajaran, materi pelajaran, info dan profil bimbingan belajar.

1.4              Tujuan  Penelitian
            Adapun tujuan Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Bimbingan Belajar Condrowangsan (BBC) Sebagai Media Informasi Dan Promosi ini adalah :
1.      Sebagai salah satu syarat menyelesaikan jenjang  STRATA 1 pada STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
2.      Menerapkan sekaligus mempraktekan teori yang didapatkan selama menempuh pendidikan di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
3.      Merancang suatu aplikasi web untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat.
1.5              Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari pelaksanaan penelitian adalah
1.      Bagi Mahasiswa :
a.        Memperoleh gelar Sarjana Komputer.
b.       Menerapkan ilmu dan teori-teori selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata secara praktis guna membantu dan mendukung kemampuan beraktualisasi dalam penerapan ilmu di dunia nyata.
c.        Untuk meningkatkan kreatifitas menciptakan suatu karya dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai solusi dalam dunia pendidikan.
d.       Mengembangkan pola keilmuan dan membuka wawasan tentang ilmu pengetahuan baru yang sesuai dengan bidang teknologi informasi.


2.      Bagi Akademik :
a.       Menambah khasanah pustaka STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
b.      Sebagai materi evaluasi bagi pengembangan peningkatan mutu pendidikan maupun mutu lulusan di masa yang akan datang antara teori–teori yang diberikan dalam kurikulum dan yang dibutuhkan di lapangan kerja.
3.      Bagi Bimbingan Belajar Condrowangsan (BBC) :
a.       Sebagai sarana untuk memberikan suatu informasi kepada guru pengajar dan siswa.
b.       Sebagai sarana pendukung untuk memperkenalkan instansi pendidikan.
4.      Bagi Siswa :
a.        Memudahkan siswa untuk meperoleh informasi tentang kegiatan belajar.
b.       Dengan pembuatan Sistem Informasi  ini diharapkan siswa lebih rajin dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.


1.6              Metodologi Penelitian
Untuk dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas maka penulis melakukan beberapa metode dalam pengumpulan informasi. Adapun metode yang digunakan sebagai berikut :
1.     Studi Pustaka
Suatu Metodologi pengumpulan data dan teori melalui buku-buku, serta sumber informasi non manusia sebagai penunjang penelitian (seperti dokumen, agenda, hasil penelitian) yang berhubungan dengan masalah yang di bahas yaitu pembuatan Sistem informasi berbasis WEB .
2.     Observasi
Pengamatan secara langsung yaitu datang langsung ke tempat tujuan obyek dan melakukan pengamatan secara langsung, dalam hal ini mencoba menganalisa terhadap Bimbingan Belajar Condrowangsan (BBC).
3.     Wawancara
Metode yang langsung bertanya pada narasumber yang terkait yaitu staf dan pengajar di Bimbingan Belajar Condrowangsan (BBC).
1.7              Sistematika Penulisan
Berdasarkan metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini maka penulis dapat merumuskan sistematika penyusunan, agar mempermudah pemahaman kita terhadap isi karya ilmiah ini. Adapun sistematika penyusunan sebagai berikut :
1.      BAB I : PENDAHULUAN
Latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
2.      BAB II : LANDASAN TEORI
Menguraikan mengenai tinjauan pustaka dan landasan teori dari aplikasi pengolahan data pasien dan software yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini.

3.      BAB III : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Merupakan bagian yang menjelaskan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem.
4.      BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Pada Bab ini akan diuraikan lebih rinci tentang implementasi dari perancangan sistem yang telah dibahas pada bab sebelumnya dan pembahasan output yang ditampilkan dari software yang digunakan.
5.      BAB V : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penelitian perancangan sistem pakar tersebut untuk pengembangan.



0 Response to "Skripsi Bab 1 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PADA BIMBINGAN BELAJAR CONDROWANGSAN (BBC) SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI"

Post a Comment