google.com, pub-4169750801100201, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Makalah Kesimpulan Dan Perancangan Sistem Otomasi SMS Gateway | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Makalah Kesimpulan Dan Perancangan Sistem Otomasi SMS Gateway

Makalah Kesimpulan Dan Perancangan Sistem Otomasi SMS Gateway

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi menuntut manusia lebih untuk mencari dan mendapatkan informasi dengan cara mudah dan cepat untuk kebutuhan tujuan bisnisnya. Dimana di suatu tempat informasi tersebut tidak tersedia maka tempat lainnya yang menjadi sasaran utama. Teknologi komputer sebagai media komunikasi maupun informasi memiliki kelebihan yaitu dari segi kecepatan dan ketelitian dapat membantu dan mempermudah dengan fasilitas yang sudah ada.
Salah satu layanan informasi yang terkait dengan hal diatas adalah informasi mengenai pemesanan  makanan. PT DIPETA mempunyai Pesan Saja sebagai media yang berfungsi melayani pemesanan makanan. Sistem yang baik menjadikan prioritas utama dengan memberikan pelayanan yang memuaskan tentunya menjadi tujuan utamanya. Memerlukan database yang bisa menampung banyak orang sehingga mempermudah dalam pengaksesan data. Selain itu, media telekomunikasi yang dibutuhkan melihat dari alat yang sering digunakan oleh antar sesama pengguna.
Ponsel merupakan alat telekomunikasi yang kini semakin banyak digunakan dan terus dikembangkan. Salah satu layanan dari ponsel yang paling sering digunakan adalah SMS (short massage service). Penggunaan SMS Gateway mempermudah pengelolaan dari layanan aplikasi-aplikasi. SMS Gateway bisa dibangun dengan menggunakan sebuah ponsel berbasis GSM yang terkoneksi dengan komputer yang bertugas sebagai server, yang didalamya telah terdapat program aplikasi sebagai pusat kontrol dan manajemen.
1.2       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang ada maka rumusan masalahnya adalah bagaimana membangun sebuah aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS gateway pada PT.DIPETA Pesan Saja.
1.3       Batasan Masalah
Batasan masalah pada aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS gateway adalah sebagai berikut:
1.      Hanya menjelaskan mengenai transaksi SMS, tidak menjelaskan tentang transaksi pembayaran.
2.      Modem yang digunakan hanya modem tanpa provider dan menggunakan kartu GSM.
3.      Menggunakan aplikasi GAMMU dan Adobe Dreamweaver CS5.
4.      Area pesan antar (delivery order) hanya khusus untuk dalam kota Yogyakarta dan sekitarnya.
1.4       Tujuan Kerja Praktek
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS gateway untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cara yang mudah dan mempersingkat waktu, tenaga dan hemat biaya.
1.5       Manfaat Kerja Praktek
            Hasil yang diharapkan dalam pembuatan aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS gateway ini diharapkan bermanfaat untuk :
a.       Membantu dan mempermudah dalam menangani pengaksesan data dari transaksi atau pengiriman barang dalam database yang di perlukan pada PT DIPETA Pesan Saja.
b.      Database juga dapat berfungsi sebagai target kita sudah berapa jumlah pelanggan yang masuk, sehingga bisa meningkatkan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang baik sehingga menarik bagi pelanggan.
1.6       Metodologi Perancangan
1.6.1    Metode Pengumpulan Data
a   Observasi
Observasi lapangan dan analisa kebutuhan dalam pembuatan aplikasi yang diperoleh dari PT DIPETA Pesan Saja dengan tujuan mendapatkan data yang sesuai dengan kondisi sebenarnya.
            b   Studi Pustaka
            Mengumpulkan data dengan membaca, mempelajari buku-buku dan laporan-          laporan, surfing internet,dan lain - lain yang berhubungan dengan masalah tersebut.
1.6.2 Metodologi Pengembangan Sistem
Tahapan-tahapan metode Waterfall adalah sebagai berikut (Sommerville, 2001) :
1.      Requirements Analysis and Definition
2.      System and Software Design
3.      Implementation and Unit Testing
4.      Integration and System Testing
5.      Operation and Maintenance
1.7      Sistematika Penulisan Laporan
Laporan ini disusun secara sistematik. Adapun sistematika penulisan laporan ini sebagai berikut :

BAB I                         PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan mengemukakan dan membahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan kerja praktek, manfaat kerja praktek, metodologi pengembangan sistem, dan sistematika penulisan laporan.
BAB II            LANDASAN TEORI
            Bab ini berisi tentang dasar-dasar teori secara umum dan protokol-protokol yang terlibat dalam proses pengiriman dan penerimaan.
BAB III          GAMBARAN UMUM PT DIPETA pesansaja.com
            Berisi mengenai sejarah singkat dan profil pada PT DIPETA Pesan Saja.
BAB IV          ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas analisis dan perancangan perangkat lunak serta penjelasan tentang pengembangan perangkat lunak berbasis teknologi SMS. digambarkan melalui diagram, logika-logika yang dilakukan dalam pembuatan program, antarmuka aplikasi, dan DFD.
BAB V            IMPLEMENTASI  SISTEM
Bab ini menguraikan tentang tahap lanjutan setelah perancangan sistem SMS Gateway. Dan menjelaskan implementasi program dengan bahasa pemrograman (coding), dan tampilan antarmuka aplikasi PT DIPETA Pesan Saja.
BAB VI          PENUTUP                                                                      

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan perancangan dari sistem otomasi SMS Gateway, disertai saran dan harapan untuk pengembangan lebih lanjut. 

0 Response to "Makalah Kesimpulan Dan Perancangan Sistem Otomasi SMS Gateway"

Post a Comment