BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi menuntut manusia lebih untuk mencari dan
mendapatkan informasi dengan cara mudah dan cepat untuk kebutuhan tujuan
bisnisnya. Dimana di suatu tempat informasi tersebut tidak tersedia maka tempat
lainnya yang menjadi sasaran utama. Teknologi komputer
sebagai media komunikasi maupun informasi memiliki kelebihan yaitu dari segi
kecepatan dan ketelitian dapat membantu dan mempermudah dengan fasilitas yang
sudah ada.
Salah satu layanan informasi yang terkait dengan hal diatas adalah
informasi mengenai pemesanan makanan. PT
DIPETA mempunyai Pesan Saja sebagai media yang berfungsi melayani
pemesanan makanan. Sistem yang baik menjadikan prioritas utama dengan
memberikan pelayanan yang memuaskan tentunya menjadi tujuan utamanya.
Memerlukan database yang bisa menampung banyak orang sehingga mempermudah dalam
pengaksesan data. Selain itu, media telekomunikasi yang dibutuhkan melihat dari
alat yang sering digunakan oleh antar sesama pengguna.
Ponsel merupakan alat telekomunikasi yang kini semakin
banyak digunakan dan terus dikembangkan. Salah satu layanan dari
ponsel yang paling sering digunakan adalah SMS (short massage service). Penggunaan SMS Gateway mempermudah
pengelolaan dari layanan aplikasi-aplikasi. SMS Gateway bisa dibangun dengan
menggunakan sebuah ponsel berbasis GSM yang terkoneksi dengan komputer yang
bertugas sebagai server, yang didalamya telah terdapat program aplikasi sebagai
pusat kontrol dan manajemen.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang ada maka rumusan
masalahnya adalah bagaimana membangun sebuah aplikasi pemesanan makanan
berbasis SMS gateway pada PT.DIPETA Pesan Saja.
1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah pada aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS
gateway adalah sebagai
berikut:
1.
Hanya menjelaskan mengenai transaksi
SMS, tidak menjelaskan tentang transaksi pembayaran.
2.
Modem yang digunakan hanya modem tanpa
provider dan menggunakan kartu GSM.
3.
Menggunakan aplikasi GAMMU dan Adobe
Dreamweaver CS5.
4.
Area pesan antar (delivery order) hanya
khusus untuk dalam kota Yogyakarta dan sekitarnya.
1.4 Tujuan Kerja Praktek
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi pemesanan
makanan berbasis SMS gateway untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan
cara yang mudah dan mempersingkat waktu, tenaga dan hemat biaya.
1.5 Manfaat Kerja Praktek
Hasil yang diharapkan dalam
pembuatan aplikasi pemesanan makanan berbasis SMS
gateway ini diharapkan bermanfaat untuk :
a.
Membantu dan mempermudah dalam menangani
pengaksesan data dari transaksi atau
pengiriman barang dalam
database yang di perlukan
pada
PT DIPETA Pesan Saja.
b.
Database
juga dapat berfungsi sebagai target kita sudah berapa jumlah pelanggan yang
masuk, sehingga bisa meningkatkan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan
yang baik sehingga menarik bagi pelanggan.
1.6 Metodologi Perancangan
1.6.1 Metode Pengumpulan Data
a Observasi
Observasi lapangan dan analisa
kebutuhan dalam pembuatan aplikasi yang diperoleh dari PT DIPETA Pesan Saja dengan tujuan mendapatkan data yang sesuai dengan
kondisi sebenarnya.
b Studi Pustaka
Mengumpulkan data dengan membaca, mempelajari buku-buku
dan laporan- laporan, surfing internet,dan
lain - lain yang berhubungan dengan masalah tersebut.
1.6.2 Metodologi Pengembangan Sistem
Tahapan-tahapan metode Waterfall
adalah sebagai berikut (Sommerville, 2001) :
1. Requirements Analysis and Definition
2. System and Software Design
3. Implementation and Unit Testing
4. Integration and System Testing
5. Operation and Maintenance
1.7 Sistematika Penulisan Laporan
Laporan ini disusun secara sistematik.
Adapun sistematika penulisan laporan ini sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan
mengemukakan dan membahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah,
batasan masalah, tujuan kerja praktek, manfaat kerja praktek, metodologi
pengembangan sistem, dan sistematika penulisan laporan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi
tentang dasar-dasar teori secara umum dan protokol-protokol yang terlibat dalam
proses pengiriman dan penerimaan.
BAB III GAMBARAN
UMUM PT DIPETA
pesansaja.com
Berisi
mengenai sejarah singkat
dan profil pada PT DIPETA
Pesan Saja.
BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas analisis dan perancangan perangkat lunak
serta penjelasan tentang pengembangan perangkat lunak berbasis teknologi SMS.
digambarkan melalui diagram, logika-logika yang dilakukan dalam pembuatan
program, antarmuka aplikasi, dan DFD.
BAB V IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menguraikan tentang tahap lanjutan setelah perancangan
sistem SMS Gateway. Dan
menjelaskan implementasi program dengan bahasa pemrograman (coding), dan tampilan antarmuka aplikasi PT DIPETA Pesan Saja.
BAB VI PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan
perancangan dari sistem otomasi SMS Gateway, disertai saran dan harapan untuk
pengembangan lebih lanjut.
0 Response to "Makalah Kesimpulan Dan Perancangan Sistem Otomasi SMS Gateway"
Post a Comment