Contoh Laporan Individu Perorangan KKN | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Contoh Laporan Individu Perorangan KKN

Contoh Laporan Individu Perorangan KKN

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perwujudan dalam suatu masyarakat perlu dikembangkan demi kesejahteraan dan kehidupan yang lebih layak. Oleh karena itu, perlu kiranya aplikasi ilmu dalam suatu masyarakat dengan campur tangan dari perguruan tinggi yang melibatkan mahasiswa KKN. Dimana, akan dengan mudah menyatupadukan pendapat dalam membangun Desa ke arah yang lebih baik dan maju.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-maslah pembangunan yang dihadapi. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan mahasiswa mampu menjadi motivator di tengah masyarakat dalam membangun daerahnya. Keterlibatan mahasiswa yang terjun langsung didalam KKN tidak hanya bersifat fisik, namun juga bersifat non fisik yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan ilmu yang dimiliki, mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Dengan metode yang lebih baru diharapkan pemberdayaan potensi dapat memunculkan kemandirian lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta sebagai salah satu institusi keilmuan telah menetapkan mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ditengah tengah masyarakat, dengan harapan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah sebagai wujud kepedulian dan dalam peningkatan pembangunan masyarakat. Lokasi yang kami jadikan sebagai tempat KKN adalah Padukuhan Tembesi, desa ponjong, kecamatan gunungkidul, kabupaten wonosari.

1.2. Maksud dan Tujuan
KKN dilaksanakan dalam masyarakat di luar kampus dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang semakin meningkat serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara materi kurikulum di kampus dengan realita pembangunan dalam masyarakat.
KKN adalah program intrakurikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaannya mengambil lokasi di masyarakat dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasinya harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Karenanya KKN memiliki arah yang ganda, yaitu: memberikan pendidikan tidak hanya dalam kelas tetapi juga pendidikan pelengkap kepada mahasiswa untuk pengembangan diri dengan melakukan interaksi sosial kemayarakatan di luar kelas, dan membantu masyarakat serta pemerintah melancarkan kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan pembangunan di lokasi KKN.
Dengan demikian, melalui KKN akan terlihat bahwa Perguruan Tinggi bukan merupakan suatu kelembagaan yang terpisah dari masyarakat. Akan tetapi terjadi keterkaitan dan saling ketergantungan baik secara fisik maupun emosional antara Perguruan Tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, menjadi lebih nyata.
1.2.1. Tujuan KKN
Secara eksplisit, tujuan yang harus dicapai melalui KKN adalah:
a. Memberi Pengalaman Belajar Tentang Pembangunan Masyarakat Dan Pengalaman Kerja Nyata Pembangunan.
Berbagai pengalaman belajar akan diperoleh setiap mahasiswa yang ber-KKN, seperti pengalaman belajar mengenai potensi desa dan masyarakat, membuat rencana pembangunan desa, berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat, menggerakan dan mengorganisasikan masyarakat, dan bagaimana menghimpun dana masyarakat.
b. Menjadikan Lebih Dewasanya Kepribadian Mahasiswa Dan Bertambah Luasnya Wawasan Mahasiswa.
Apabila tujuan ini tercapai dengan baik, maka KKN dapat menghapus isu yang selama ini dilontarkan sebagai kritik terhadap Perguruan Tinggi. Artinya para sarjana yang pernah mengikuti / menjadi peserta KKN akan lebih siap dan matang dalam memasuki lapangan kerja atau sebagai kader-kader pembangunan.
c. Memacu Pembangunan Masyarakat Dengan Menumbuhkan Motivasi Kekuatan Sendiri
Kenyataan menunjukkan bahwa dinamisasi masyarakat sangat esensial bagi pembangunan. Pengalaman mengajarkan bahwa meningkatkan dinamika masyarakat merupakan bagian dari pembangunan yang tidak mudah. Namun pengalaman juga membuktikan bahwa para mahasiswa tidak saja berpotensi, tetapi juga berkemampuan IPTEKS untuk menggerakkan masyarakat dalam pembangunan. Keberhasilan di bidang ini akan memberikan dampak positif berantai, baik pada diri pribadi mahasiswa, maupun masyarakat, dan pembangunan pada umumnya.
d. Mendekatkan Perguruan Tinggi Kepada Masyarakat
Perguruan Tinggi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat, serta dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Karenanya Perguruan Tinggi harus banyak terlihat dengan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Melalui kegiatan KKN tujuan didirikannya Perguruan Tinggi akan dapat dipenuhi
1.2.2. Sasaran KKN
Pada dasarnya KKN mempunyai tiga kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat bersama Pemerintah Daerah, dan Perguruan Tinggi. Masing-masing akan memperoleh manfaat dari pelaksanaan KKN, sebagai berikut:
1. Mahasiswa.
_ Memperdalam pengertian mahasiswa tentang cara berpikirdan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat menghayati adanya ketergantungan kaitan dan kerjasama antar sektor.
_ Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang pemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajarinya bagi pelaksanaan pembangunan.
_ Memperdalam penghayatan dan pengertian mahasiswa terhadap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
_ Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa terhadap seluk – beluk keseluruhan dari masalah pembangunan dan perkembangan masyarakat.
_ Mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah.
_ Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan IPTEKS secara interdisipliner atau antar sektor.
_ Melatih mahasiswa sebagai dinamisator dan problem solver.
_ Memberikan pengalam belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga terbentuk sikap dan rasa cinta terhadap kemajuan masyarakatnya.
_ Melalui pengalaman bekerja dalam melakukan penelaahan, merumuskan, dan memecahkan masalah secara langsung, akan menumbuhkan sifat profesionalisme dan kepedulian sosial dalam diri mahasiswa dalam arti peningkatan keahlian, tanggung jawab, maupun rasa kesejawatan.
2. Masyarakat Bersama Pemerintah Daerah / Institusi
_ Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga, serta IPTEKS dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
_ Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan, dan melaksanakan pembangunan.
_ Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan.
_ Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di dalam masyarakat sehingga terjamin kelanjutan upaya pembangunan.
_ Memperoleh manfaat dan bantuan tenaga mahasiswa dalam melaksanakan program dan proyek pembangunan yang berada di bawah tanggung jawabnya.
3. Perguruan Tinggi
_ Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dengan proses pambangunan di tengah-tengah masyarakat, sehingga kurikulum, materi perkuliahan dan pengembangan ilmu yang ada di Perguruan Tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan nyata pembangunan.
_ Memperoleh berbagai kasus yang berharga yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
_ Melalui kegiatan mahasiswa, dapat menelaah dan merumuskan keadaan/kondisi nyata masyarakat yang berguna bagi pengembangan IPTEKS, serta dapat mendiagnosa secara tepat kebutuhan masyarakat, sehingga IPTEKS yang diamalkan dapat sesuai dengan tuntunan nyata.
_ Meningkatkan, memperluas, dan mempererat kerjasama dengan instansi serta depertemen lain melalui rintisan kerjasama dari mahasiswa yang melaksanakan KKN.

DASAR TEORI
2.1. Topik Diskusi
Program kerja membuat “BLOG PROFIL DESA”diadakan pada tanggal 27 November 2012 di padukuhan Tembesi untuk memasukan data tentang dukuh.
2.2. Kegiatan
2.2.1 Latar Belakang
Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan.
Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis.
2.2.2. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini ada beberapa permasalahan yang akan dibahas antara lain
1. Pengertian dan sejarah Blog
2. Jenis – jenis Blog
3. Cara Pembuatan Blog bagi pemula
4. Isi Blog yang dibuat
2.2.3. Tujuan
1. Meningkatkan pengetahuan mengenai blog.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memanfaatkan blog sebagai sarana informasi dan pemasaran.
2.2.4. Manfaat
1. Masyarakat semakin tahu mengenai informasi yang dapat diperoleh melalui blog.
2. Masyarakat dapat memasarkan hasil berkebun atau bertani melalui blog.






















PEMBAHASAN
3.1. Pengertian Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.
Seiring dengan perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
3.2. Sejarah Blog
            Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
3.3. Jenis – jenis Blog
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)



3.4. Manfaat Blog
1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning -memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog -dan strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus di selesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: Facebook, Twitter, Plurk, Digg, LintasBerita, LinkedIn, dll.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO+SMM+Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan kan?  Hey, blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya: Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu. Kenangan lama bersemi kembali gitu loh
10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah hal yang berharga dalam hidup kan?
11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging-, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’.


3.5. Cara Membuat Blog
1. Pada kali ini saya membuat blog dengan menggunakan blogger. Pertama buka www.blogger.com sehingga akan tampil gambar seperti dibawah ini, apabila menggunakan bahasa inggris rubah terlebih dahulu bahasanya menjadi bahasa Indonesia dengan cara klik pada tulisan English (United States) (Gambar No.1) dibagian bawah sehingga akan tampil pilihan bahasa, lalu pilihlah bahasa Indonesia (Gambar No.2).
 
2. Selanjutnya adalah klik tombol yang bertuliskan Daftar (Gambar No.3) untuk membuat account gmail. Apabila telah memiliki account gmail tidak perlu mendaftar lagi, cukup mengisikan email dan sandi sesuai gmail yang dimiliki, lihat gambar dibawah ini.
3. Selanjutnya akan dibawa masuk ke halaman seperti gambar dibawah ini untuk melengkapi form biodata.
4. Setelah klik “Langkah berikutnya” Pada gambar sebelumnya, apabila semua form biodata diisi dengan benar, maka akan masuk ke halaman seperti dibawah ini. Setelah itu klik “kembali ke blogger”
5. Setelah klik Kembali ke Blogger, Maka akan masuk pada halaman baru seperti dibawah ini. Kemudian pilih “buat profil google+”
6. Setelah itu akan keluar halaman baru lagi dengan tampilan seperti gambar dibawah ini. Isi biodata secara benar kemudian klik “tingkatkan” dan isi data lagi kemudian klik “selesai”.
7. Pada halaman selanjutnya adalah pilih salah satu saran dari Google untuk diikuti dengan cara klik “Ikuti” kemudian klik “Lanjutkan”.
8. Selanjutnya muncul halaman baru lagi seperti dibawah ini, silahkan ikuti sesuai petunjuk. Kemudian klik “Lanjutkan ke Blogger”
9. Langsung Klik Saja pada “Buat Blog” Baru Sehingga akan muncul jendela pop up untuk pemilihan nama dan url blog anda
10. Isi judul sesuai dengan judul yang diinginkan, kemudian isi alamat blog yang akan digunakan, kemudian pilih template yang diinginkan. Setelah itu klik “buat blog”
11. Blog telah selesai dibuat dan tinggal posting artikel saja


3.6. Isi Blog yang dibuat
3.6.1 Pengelupasan kulit kacang tanah
Di padukuhan Tembesi sebagaian besar warganya berprofesi sebagai petani yang setiap harinya berladang menanam tanaman pokok, dan salah satu tanaman yang di tanam yaitu kacang tanah. Kacang tanah merupakan komoditas yang sangat diminati di padukuhan Tembesi sehingga banyak warga yang menanam kacang tanah. Karena kacang tanah yang telah diolah atau kulitnya telah dikelupasi harganya lumayan tinggi. Maka terdapat ide untuk membuat alat pengelupas kulit kacang tanah , ide tersebut tercurah dari seorang warga padukuhan Tembesi yang bernama mbah sasnorejo. Sehingga terciptalah alat yang dapat mempermudah dalam pengelupasan kulit kacang secara cepat dan efisien. Alat penemuan mbah sasnorejo tersebut pernah di ikutsertakan dalam lomba teknologi tempat guna dan mendapat respon yang baik. Namun saat akan diikutsertakan dalam lomba bertaraf Nasional alat penemuan mbah sasnorejo tidak dapat diikutsertakan karena keadaan mbah sasnorejo yang kurang sehat. Walaupun tidak ikut serta dalam perlombaan alat penemuan sangat bermanfaat bagi warga desa ponjong dan khususnya warga padukuhan Tembesi.
Berikut gambar mesin pengelupas kulit kacang tanah :
Gambar 3.1 Tempat pengelupasan kulit kacang tanah dengan menggunakan mesin
Gambar 3.2 Bagian mesin yang fungsinya melepaskan kulit kacang tanah, cara kerjanya melalui perputaran pada sisinya yang terdapat tonjolan kemudian kulit kacang tanah akan terkelupas

Gambar 3.3 Bagian mesin yang fungsinya memberikan tekan udara melalui kipas agar kulit kacang yang telah terkelupas terpisah dengan isinya.

Gambar 3.4 Limbah kulit kacang tanah yang menumpuk setelah proses pengelupasan selesai

3.6.2 Pengolahan Batu Lintang
Batu lintang adalah batuan sedimen atau metamorf terdapat di alam dalam jumlah yang tak terbatas, batu lintang merupakan limbah dari penambangan batu kapur yang dapat dijumpai di daerah Ponjong Wonosari, Gunung Kidul DIY. Dari segi ekonomis batu lintang tergolong murah karena disamping mudah didapat dan belum dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi khususnya konstruksi jalan. Limbah dari penambangan batu kapur belum digunakan secara maksimal, sehingga jumlah batu lintang yang ada di quarry semakin menumpuk. Salah satu cara mendapatkan dengan membeli di quarry daerah Ponjong berupa bongkahan atau yang sudah berupa bubuk.
Batuan yang terdapat di kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan jenis batugamping, batu dolomite, dan batu lintang yang mengandung kadar CaCO3 cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk dibuat menjadi marmer buatan dan dapat meningkatkan nilai ekonomis dari batugamping tersebut. Dengan adanya industri marmer buatan maka dapat menyerap banyak tenaga masyarakat sehingga dapat mengurangi pengangguran dan dapat menambah pendapatan daerah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya daerah Kabupaten Gunung Kidul dan sekitarnya,
Berikut gambar tempat dan alat pengolahan Batu Lintang :
Gambar 3.5 Tempat pengolahan batu lintang menjadi bubuk

Gambar 3.6 Bahan yang diolah berupa batu lintang yang berwarna putih dan mengkilap yang diambil dari limbah batu kapur

Gambar 3.7 Alat untuk menghancurkan Batu Lintang menjadi bagian yang kecil – kecil.

Gambar 3.8 Alat untuk melembutkan batu lintang menjadi bubuk

Gambar 3.9 Hasil batu lintang yang telah diproses menjadi bubuk

Gambar 3.10 Proses pembungkusan bubuk batu lintang untuk dijual










PENUTUP
4.1. Kesimpulan dan Saran
4.1.1. Kesimpulan
Dari uraian bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Blog merupakan kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Blog juga bisa disebut sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Dan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan Blog yang sebenarnya cukup penting bagi padukuhan agar dapat berkembang dan dapat diketahui oleh khalayak umum.
4.1.2. Saran
Untuk menciptakan sebuah blog maka kita harus mempunyai sebuah account  atau alamat email. Oleh karena itu sebelum membuat blog disarankan untuk membuat sebuah account email terlebih dahulu. Selain itu kita harus menentukan fungsi dan tujuan dari blog yang akan kita buat sehingga blog yang dibuat benar-benar bermanfaat. Dan juga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan Blog sebagai sarana informasi dan pengembangan padukuhan.







DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Blog, diakses 20 Desember 2012 jam 19.00
http://www.azrut.com, diakses 20 Desember 2012 jam 19.25
http://www.iwekoe.com, diakses Desember 2012 jam 19.35

http://bloggingly.com/11-manfaat-blog-dari-media-aktualisasi-hingga-mendapatkan-penghasilan/ diakses 23 Desember 2012 jam 13.20

Baca Juga : Landasan Teori Teknologi Komunikasi Dan Informasi

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Contoh Laporan Individu Perorangan KKN  dapat bermnafaat untuk sobatku semuanya.

0 Response to "Contoh Laporan Individu Perorangan KKN "

Post a Comment