Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap

Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap, berupa daftar kata dalam Bahasa Indonesia dan terjemahannya dalam Bahasa Jawa. Kata yang dicetak tebal adalah kata yang digunakan dalam tingkatan Bahasa Jawa Krama.

Bahasa Jawa (bahasa Jawa) adalah bahasa yang digunakan penduduk bersuku bangsa Jawa di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain itu, bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal di beberapa daerah lain seperti Banten (terutama Serang, Cilegon, dan Tangerang) serta Jawa Barat (terutama kawasan pantai utara yang meliputi Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon).

Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap

Bahasa Jawa halus dan kasar 

Jawa bagian tengah yang mempunyai bahasa jawa kasar dan halus juga, bahasa jawa halus kebanyakan berada di kota kota disekitar ibukota jawa tengah ini contohnya di solo dan di ibukotanya sendiri yaitu di semarang , di DI Yogyakarta juga memakai bahasa yang halus, sedangkan untuk yang bahasa jawa kasar berada di kota daerah perbatasan antara jawa barat dan jawa tengah biasanya di kota daerah sekitar pantai utara dan pantai selatan. Untuk wilayah jawa timur bahasa jawanya kebanyakan sama dengan bahasa yang ada di jawa tengah ,tapi di daerah barat jawa timur cara bicara didaerah ini agak lantang atau tegas, bahasa ini terletak berdekatan dengan daerah Madura .Dan ada lagi daerah Bali yang bahasanya terdengar seperti bahasa jawa tapi jauh sekali berbeda juga bahasa Nusa tenggara yang terdengar seperti bahasa bali. 

Bahasa Jawa Ngoko adalah salah satu tingkatan bahasa dalam Bahasa Jawa. Bahasa ini paling umum dipakai di kalangan orang Jawa. Pemakaiannya dihindari untuk berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua.
Tingkat tutur ngoko yaitu ungah ungguh bahasa jawa yang berintikan leksikon ngoko. Ciri-ciri katanya terdapat afiks di-,-e dan –ake. Ragam ngoko dapat digunakan oleh mereka yang sudah akrab dan oleh mereka yang merasa dirinya lebih tinggi status sosialnya daripada lawan bicara (mitra wicara). Ragam ngoko mempunyai dua bentuk varian, yaitu ngoko lugu dan ngoko alus (Sasangka 2004:95).

Bahasa Jawa Krama adalah salah satu tingkatan bahasa dalam Bahasa Jawa. Bahasa ini paling umum dipakai di kalangan orang Jawa. Pemakaiannya sangat baik untuk berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua.
Yang dimaksud dengan ragam krama adalah bentuk unggah-ungguh bahasa Jawa yang berintikan leksikon krama, atau yang menjadi unsur inti di dalam ragam krama adalah leksikon krama bukan leksikon yang lain. Afiks yang muncul dalam ragam ini pun semuanya berbentuk krama (misalnya, afiks dipun-, -ipun, dan –aken). Ragam krama digunakan oleh mereka yang belum akrab dan oleh mereka yang merasa dirinya lebih rendah status sosialnya daripada lawan bicara. Ragam krama mempunyai tiga bentuk varian, yaitu krama lugu, karma andhap dan krama alus (Sasangka 2004:104).

Bahasa Jawa Madya adalah salah satu tingkatan bahasa Jawa yang paling umum dipakai di kalangan orang Jawa. Tingkatan ini merupakan bahasa campuran antara ngoko dan krama, bahkan kadang dipengaruhi dengan bahasa Indonesia. Bahasa madya ini mudah dipahami dan dimengerti.

Bahasa Jawa Variasi - Bahasa Jawa sangat beragam, dan keragaman ini masih terpelihara sampai sekarang, baik karena dituturkan maupun melalui dokumentasi tertulis. Dialek geografi, dialek temporal serta register dalam bahasa Jawa sangat kaya sehingga seringkali menyulitkan orang yang mempelajarinya.

Daftar di bawah ini adalah kata dalam Bahasa Indonesia dan terjemahannya dalam Bahasa Jawa. Kata yang dicetak tebal digunakan dalam tingkatan Bahasa Jawa halus Krama.
Untuk Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap Silahkan Simak Dibawah Ini :

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

  • kaki = sikil, suku, samparan,
  • [[kapan
]] = kowe,sampeyan, panjenengan,

M

O

[13]==P==

R

S

T

U

W

Y

Referensi

  1. Bausastra Jawa Balai bahasa Yogyakarta
  2. Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  3. Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  4. Kamus Lengkap Bahasa Jawa, S.A. Mangunsuwito
  5. Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  6. Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  7. Bausatra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  8. Bausastra Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  9. Kamus Lengkap Bahasa Jawa, S.A. Mangunsuwito
  10. Kamus Basa Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  11. Kamus Basa Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  12. Kamus Basa Jawa Balai Bahasa Yogyakarta
  13. penting

Sumber

  1. Kamus Indonesia - Daerah Jawa, Bali, Sunda, Madur, Sugiarto, dkk, PT Gramedia Pustaka Utama, 2007
  2. Kamus Basa Jawa (Bausastra Jawa), Tim Penyusun Balai Bahasa Yogyakarta, Penerbit Kanisius, 2001. ISBN 979-672-990-3
  3. Kamus Lengkap Bahasa Jawa, S.A. Mangunsuwito, CV Yrama Widya, 2002. ISBN 979-543-072-6
  4. id.wikipedia.org/
  5. id.wiktionary.org
Semoga dengan artikel diatas yang berjudul Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap dapat bermanfaat untuk sobatku semua yang sedang belajar bahasa jawa.

7 Responses to "Kamus Bahasa Indonesia Terjemahan Bahasa Jawa Lengkap"

  1. Nyuwun sewu.. badhe tanglet... "wenterane" niku artinipun menapa nggih?
    Wonten ing lirik lagunipun bpk Gesang yg berjudul Luntur.
    Matur sembah nuwun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wenterane kalau dalam bahasa indonesia sepertinya artinya perwarnanya (setiap warnanya) kalo menurut saya hehhee

      Delete
  2. Kalo syukur-bersyukur bahasajawanya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur itu juga bahasa jawa krama sob.

      Delete
    2. Salam. Saya benar2 ingin belajar bahasa jawa halus. Apa Mr Aunthor punya fb atau wechat atau line? Keluarga saya asalnya dr jogja tapi mbah wedok berpindah ke malaya dari dulu

      Delete
    3. Salam. Saya benar2 ingin belajar bahasa jawa halus. Apa Mr Aunthor punya fb atau wechat atau line? Keluarga saya asalnya dr jogja tapi mbah wedok berpindah ke malaya dari dulu

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete