google.com, pub-4169750801100201, DIRECT, f08c47fec0942fa0
KARYA ILMIAH PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI | MUDA MUDI CONDROWANGSAN

KARYA ILMIAH PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



KARYA ILMIAH PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




Penulis :
Zakaria Annas (123090182)


Dosen : Suhardi


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA
2011


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat, rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah materi mata kuliah ilmu alamiah dasar yang berjudul “Dampak perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia” makalah ini berisi uraian mengenai perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia dari mulai sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan dosen yang telah memberikan dukungan kepada saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari kalau dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna . oleh sebab itu dengan hati yang terbuka , saya mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.








DAFTAR ISI
halaman
KATA PENGANTAR           ............................................................................1
DAFTAR ISI  ....................................................................................................2
BAB I PENDAHULUAN     ............................................................................3
A.    Latar Belakang Masalah   ................................................................3
B.     Permasalahan        ............................................................................3
C.     Tujuan       ........................................................................................4
D.    Manfaat     ........................................................................................4
E.     Kajian Teori          ............................................................................4
BAB II PEMBAHASAN      ............................................................................5
A.      Pengertian Komunikasi     ................................................................5     
B.      Proses Komunikasi            ................................................................5
C.      Sifat komunikasi   .............................................................................5
D.      Teknologi Informasi          .................................................................5
E.       Perkembangan Teknologi Informasi         .........................................6
F.       Teknologi Informasi dan Komunikasi      .........................................7
G.     Internet sebagai Media Komunikasi Bisnis          ..............................7
H.      Komunikasi Berbasis Internet       ......................................................7
I.        Teknologi Informasi Meningkatkan Nilai Manfaat bagi Customers..8
J.        Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Bisnis          ......8
K.      Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi komunikasi melalui internet      ......................................................8
BAB III SIMPULAN            ..........................................................................................10
A.    Daftar Pustaka      ..............................................................................11




BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu dan banyak pula pengaruhnya, baik yang positif maupun negatif.

  1. Permasalahan
Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Cara untuk mendapatkan kebutuhan yang diperlukan yaitu dengan berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi yang dilakukan dapat secara langsung atau saling bertatap muka maupun melalui media elektronik. Oleh karena itu  pada hal ini saya menjelaskan penggunaan teknologi komunikasi yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari
  1. Tujuan
Dengan penggunaan Teknologi komunikasi yang sangat maju diharapkan masyarakat dapat menggunakannya untuk tujuan yang baik. Dan juga dapat mengetahui dampak negatif dan positif yang dapat ditimbulkan sehingga masyarakat dapat mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

  1. Manfaat
Untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan pembelajaran tentang perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia dari mulai sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kajian Teori
Dalam makalah ini saya mencoba membahas beberapa masalah antara lain :
 uraian pendapat para pakar tekhnologi mengenai perkembangan teknologi bagi kehidupan manusia
 Akan dibahas mengenai pengertian teknologi secara umum dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet
Dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari










BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. Definisi khusus : komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain.

Proses Komunikasi
Proses komunikasi dilakukan dalam dua tahap : Primer dan Sekunder
1. Proses Komunikasi secara primer, mengandung dua jenis pengertian :
- Denotatif, arti sebagaimana tercantum dalam kamus [dictionary meaning]
- Konotatif, arti emosional atau mengandung penilaian tertentu/ kiasan (emotional or evaluate meaning).
2. Proses Komunikasi Secara Sekunder

Sifat komunikasi
1. Tatap muka [face to face]
2. Bermedia [mediated]
3. Verbal [verbal]: Lisan [oral] & Tulisan/ cetak [written/ printed]
4. Nonverbal [non-verbal]: kial/ isyarat badaniah [gestural], bergambar [pictorial], facial expressions, spatial relationship.

Teknologi Informasi
Istilah TI (Teknologi Informasi) atau IT (Information Technology) yang populer saat ini adalah bagian dari mata rantai panjang dari perkembangan istilah dalam dunia SI (Sistem Informasi) atau IS (Information System). Sebuah Sistem Teknologi Informasi atau selanjutnya akan disebut STI, pada dasarnya dibangun di atas lima tingkatan dalam sebuah piramida STI. Berurutan dari dasar adalah: konsep dasar, teknologi, aplikasi, pengembangan dan pengelolaan.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu Manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah). Masalah dimengerti sebagai perbedaan antara kondisi yang terjadi dengan kondisi yang diinginkan. Problem solving adalah mengenali sebuah masalah, mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah dan berhasil menerapkan solusi yang dipilih. Teknologi infrormasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah.
Kegunaan utama teknologi infrormasi  adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan  kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaakannya.
Di dalam STI, sebuah informasi dapat dikatakan berguna apabila ditopang oleh tiga hal:
1. Tepat pada kebutuhannya atau relevan
2. Tepat pada waktunya atau timelines
3. Tepat nilainya atau accurate



Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi menjurus kepada perubahan-perubahan bekerja dan perubahan di dalam organisasi pekerjaan, dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan perubahan. Kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia di perusahaan, diantaranya adalah:
· Berpikiran kritis,
· Kompetensi yang bersifat general,
· Kompetensi di bidang Teknologi informasi dan Komunikasi yang meningkatkan keahlian bekerja.
· Pengambilan keputusan,
· Mampu menangani situasi-situasi yang dinamis,
· Dapat bekerja sebagai seorang anggota suatu regu, dan
· Mampu berkomunikasi secara efektif.

Internet sebagai Media Komunikasi Bisnis
Internet menjadi suatu media komunikasi yang memegang peranan sangat penting dalam perkembangan bisnis, secara garis besar terdapat tiga aktivitas bisnis utama yang dapat dikomunikasikan lewat internet:

1. Membangun Produk.
2. Aktivitas opersional
3. Pelayanan Jasa

Komunikasi Berbasis Internet
Komunikasi bisnis berbasis internet, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu:
-          Menggunakan e-mail
-          Diskusi melalui Milist (mailing list)
-          Membuat suatu group/komunitas
-          Melalui video konferensi
-          Pesan singkat
-          Telepon berbasis internet, dan
-          Transfer data/dokumen

Teknologi Informasi Meningkatkan Nilai Manfaat bagi Customers
Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakai informasi. Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dalam perkembangannya, Teknologi informasi saat ini memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Membantu manusia dalam meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, problem solving (pemecahan masalah).

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Bisnis
Manajemen proses bisnis merupakan suatu teknologi yang mampu mengintegrasikan dan mengoptimalisasi fleksibilitas dari proses bisnis. Hal tersebut telah dipandang sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan performansi perusahaan dengan cara membuat proses-proses kunci berjalan dengan lebih baik. Hal ini termasuk:
·  Memodelkan ketergantungan antar pekerja, sistem, dan informasi.
· Mengintegrasi dan mengotomatisasi proses-proses yang saling terkait untuk keperluan optimalisasi.
· Menkoordinasikan dan mengelola end-to-end, proses-proses yang cross-functional, dan bukan merupakan aplikasi yang bersifat tertutup.
· Melakukan perubahan struktur organisasi untuk membantu perkembangan perilaku baru.
Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi komunikasi melalui internet
  • Dampak Positif
a) Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b) Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c) Media untuk mencari informasi atau data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
d) Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.
e) Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
  • Dampak Negatif
a) Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b) Penipuan hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
c) Bisa membuat seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.




BAB III
PENUTUP
Sebagai kata penutup dari makalah di atas maka kami akan menyimpulkan dari makalah di atas sebagai berikut: bahwa di era globalisasi ini, semua orang, perusahaan, dan sebagainya dituntut untuk dapat menguasai komunikasi dan teknologi informasi. Karena kata ”globalisasi” ini muncul karena datangnya internet di kalangan masyarakat kita. Oleh karena itu, dengan menguasai teknologi informasi khususnya internet, maka kita akan dapat menguasai dunia, dan kita tidak akan mudah dikalahkan oleh orang asing. Karena penguasaan Tekonologi Informasi mahal nilainya. 
Begitu juga dalam sebuah perusahaan. Dalam era saat ini adanya tuntutan dalam perusahaan yang berupa: Jumlah data yang besar, kompleksitas data yang besar, perhitungan data yang banyak, kecepatan dan ketepatan waktu. Maka diupayakan peningkatan kualitas perusahaan dengan penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer, sehingga kualitas penyediaan informasi serta transformasi data dapat cepat, accurate dan up to date. Disamping itu efektifitas dan efisiensi kerja akan tercapai, ini akan berdampak pada peningkatan mutu dan performance sebuah perusahaan.

  

DAFTAR PUSTAKA :


BILLINY ANASTIYA,2008,”komunikasi dan teknologi informasi",Surakarta,


Semoga dengan postingan diatas yang berjudul KARYA ILMIAH PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI dapat bermanfaat.

0 Response to "KARYA ILMIAH PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"

Post a Comment